Ada Dana Purnabhakti Dewan, Segini Besarannya


Dedi Susilo Sekretaris DPRD Muaro Jambi. Waktoe/istimewa

Dedi Susilo Sekretaris DPRD Muaro Jambi. Waktoe/istimewa

JAMBI - Sebanyak  35 anggota yang sudah habis masa jabatannya akan terima uang purnabakti. Meskipun besarannya tidak sama antara anggota dan pimpinan. Hal ini disampaikan sekretaris dewan Dedi Susilo kepada awak media diruang kerjanya (21/8).

 Dari 35 anggota dewan  yang ada  di Muarojambi hanya 14 orang anggota dewan petahana yang kembali terpilih kembali menjadi anggota dewan. Ada yang gagal, ada yang menjadi dewan provinsi dan ada yang tidak mencalonkan lagi.

"Meski demikian sesuai aturan pihaknya nanti tetap akan memberikan hak anggota dewan lama baik yang terpilih maupun yang tidak terpilih", jelas Dedi Susilo.


Kata Dedi, Hak mereka tetap kita berikan yakni ada namanya hak purna bhakti.

Hak purna bhakti ini adalah hak yang diberikan kepada anggota dewan yang sudah habis masa jabatannya. Meskipun anggota dewan tersebut kembali terpilih hak purna bhakti ini tetap akan diberikan.

"Terpilih atau tidak terpilih kembali hak purna bhakti ini tetap mereka terima. Jumlahnya enam kali gaji pokok atau sekitar Rp 8 juta untuk tiap anggota dewan. Sementara untuk unsur pimpinan berbeda, itu sekitar Rp9 juta," paparnya.

Sementara itu dari hasil rapat badan musyawarah telah ditetapkan pelantikan anggota dewan terpilih periode 2019 - 2024 akan di gelar pada hari Jum'at tanggal 30 Agustus mendatang.


"Dari hasil rapat Banmus, sesuai masa berakhir jabatan yakni 30 Agustus, para dewan terpilih juga akan dilantik pada tanggal tersebut,"

Dikatakan Dedi pelantikan akan dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Muarojambi pada Jum'at (30/8/19) sekitar Pukul 14.00 Wib. Acara pelantikan dijadwalkan akan dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar.


Untuk diketahui, dari 35 anggota dewan terpilih di Muarojambi hanya 14 orang anggota dewan petahana yang kembali terpilih.