ASN Klaten Joget "Dede" Berjamaah


Joget bersama ASN Klaten sambil berjemur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Waktoe | poll

Joget bersama ASN Klaten sambil berjemur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Waktoe | poll

KLATEN - Kamis pagi (02/04/20) ada pemandangan ganjil dilakukan ASN Klaten di halaman Setda. Bukan untuk upacara atau pun apel pagi. Di bawah sinar matahari yang sedikit malu bersembunyi di balik mendung, para abdi negara di Kota Bersinar itu melakukan berjemur alias dede berjamaah guna meningkatkan daya imun mengantisipasi paparan virus corona.

Mengenakan baju lurik seragam kerja setiap hari Kamis itu, ratusan ASN Klaten membuat barisan memanjang dengan membentangkan tangan.  Protokol kesehatan pun berlaku ketat.  Selain menjaga jarak (phycical distancing), para ASN dan pers yang meliput pun harus memakai masker.  Dipimpin langsung Bupati Klaten Sri Mulyani dan jajaran Forkompinda, para ASN hanyut berjoget mengikuti iringan lagu dangdut yang mengalun.

"Kami pada pagi hari ini melakukan relaksasi, mengingat bahwa kemarin (Rabu,1/04/20)  Klaten saya menyatakan  statusnya KLB.  Maka saya menginstruksikan kepada seluruh masyarakat melaksanakan kegiatan relaksasi di halaman kantornya masing-masing untuk melaksanakan “dede” atau berjemur setiap pagi" ungkap  Sri Mulyani.

Ditambahkan  vitamin D dapat diperoleh dengan cara berjemur dibawah sinar matahari pagi. Vitamin D tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam upaya pencegahan Covid-19.

Pasalnya dengan cara berjemur inilah salah satu hal yang mudah dilakukan dan murah dalam mendapatkan asupan vitamin D. Selain itu, aktivitas olahraga ringan juga baik untuk menjaga kebugaran.

"Tentunya relaksasi dengan berjemur ini akan dilaksanakan tiap hari ini. Mulai hari ini dan seterusnya, untuk ASN dan seluruh masyarakat" imbuh Bupati Klaten

Sementara itu, Kepala Kepolisisan Resort Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo  yang berkesempatan turut melakukan aktivitas relaksasi berjemur menambahkan  aktivitas relaksasi dapat diisi dengan kegiatan olahraga ringan. Tentu dalam kesehariannya agar didukung dengan konsumsi makanan bergizi yang cukup.

"Maka gerakan yang dilakukan seperti berjemur 10-15 menit perlu kita sosialisasikan pada masyarakat. Bukan bermaksud untuk berkerumun. Bila lebih dari satu orang tentu juga terapkan protokol kesehatan, beri jarak" terang Kapolres Klaten.

Usai melaksanakan berjemur bersama, jajaran Forkompinda Klaten dan para ASN Klaten menggelar rapat bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.  Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/2622/SJ tanggal 29 Maret 2020, Ketua Gugas PP Covid 19 Klaten adalah Bupati Klaten Sri Mulyani menggantikan Ketua Gugas yang lama dr Ronny Roekmito.