Banjir Hantui Warga Jambi, Kemanakah Pemimpin Negeri?


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

Jambi - Hujan deras terjadi di Jambi dan sekitarnya pada malam tadi. Akibatnya genangan terpantau di sejumlah titik di Kota Jambi.

Pantauan dilapangan, di lokasi Selasa (28/1), ruas Jalan Patimura Kotabaru, Kota Jambi, terutama selepas Pintu Gapura Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi sampai persimpangan empat Simpang Rimbo terdapat genangan. Ketinggian air lebih kurang 30 sentimeter yang terendam sekitar 200 meter.

Air menggenangi jalan raya ini mengundang kemacetan yang parah. Meskipun begitu, masih ada pengendara nekat menorobos genangan banjir. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Muaro Jambi menuju Kota Jambi maupun sebaliknya macet total. Kemacetan terjadi sekitar hampir 2 kilometer. Bahkan banjir mengakibatkan sepeda motor dan mobil mogok.

Warga setempat, Tika mengeluhkan banjir akibat buruknya bangunan drainase jalan di wilayah tersebut. Kondisi jalan yang terendam genangan air ini sudah berlangsung bertahun-tahun.

"Air menggenang lantaran saluran air tidak berfungsi sehingga air terus memenuhi kawasan. Jika hujan turun banjir bisa sampai masuk kerumah dan toko warga," kata Tika.

Hal senada juga dikatakan, Iwan pengedara yang melintas. Menurutnya, curah hujan yang tinggi seharusnya dapat tertampung jika drainase berfungsi. Saluran air yang tersebut tidak berfungsi dengan baik.

"Drainase yang buruk ikut  memperparah kondisi jalan dan mengakibatkan air tak mengalir normal," kata Iwan.

Karenanya Iwan dan Tika berharap pemerintah segera mengambil tindakan cepat. Mengingat semakin banyak warga yang merugi saat banjir terjadi. Mereka juga berharap, pemerintah tidak abai dengan keadaan ini. Jangan seperti tidak ada upaya perbaikan.

"Jangan seperti tidak ada pemerintah. Karena sudah ada peringatan bakal memasuki musim hujan," kata Indra, warga lainnya.

Hingga berita ini dimuat, Kami masih mencoba melakukan konfirmasi ke pemerintah terkait. Pemerintah Provinsi Jambi maupun Kota Jambi.

Tags