Batik Jambi Ikon Batik Nusantara


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

Jakarta - Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia, dan disponsori oleh berbagai instansi dan perusahaan menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara (GBN) ke-11 2019 di Plenary Hall Jakarta Convention Center.

Acara itu dibuka pada Rabu (8/5) oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufida Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto. Menariknya, suatu kebanggan bagi Jambi yakni Batik Jambi dijadikan ikon dalam GBN ke-11 tersebut seluruh panitia menggunakan Batik Jambi. Hal tersebut tentunya turut membantu mempromosikan Batik Jambi, yakni produk yang dihasilkan berdasarkan budaya dan menjadi salah satu ciri budaya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Rahima Fachrori mengunjungi stan Dekranasda Provinsi Jambi yang menampilkan Batik Jambi dengan berbagai motif dan warna tersebut. Menurut Fachrori pengembangan Batik Jambi harus dilakukan secara berkelanjutan, secara terus-menerus, dengan harapan agar kualitas batik Jambi terus meningkat.

"Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait terus mendukung pengembangan batik Jambi," ujar Fachrori.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Rahima Fachrori merasa bangga dengan dijadikannya batik Jambi sebagai Ikon dalam GBN 2019, termasuk dengan adanya penghargaan yang diterima Provinsi Jambi dalam kategori Penghargaan Pemberi Inspirasi dan Motivasi yaitu kepada Ida Maryanti merupakan pengurus Dekranasda Provinsi Jambi. 

“Kita terus berupaya mengembangkan batik Jambi, kita mensupport para pengrajin-pengrajin batik Jambi, supaya mereka lebih semangat lagi, agar terus mengembangkan batik Jambi, agar mutu batik Jambi semakin meningkat dan semakin dikenal,” ujar Rahima.