Bupati Masnah Busro Ditengah Sedekah Payo Turun Baumo


Bupati Masnah Busro ditengah acara sedekah payo turun baumo Jaluko

Bupati Masnah Busro ditengah acara sedekah payo turun baumo Jaluko

JAMBI - Bupati  Masnah Busro, terlihat hadir ditengah tengah acara sedekah payo di desa Simpang Limo Dusun Pematang Bedaro RT 05, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.

Kedatangan Bupati Masnah dan rombongan pun disambut antusias warga setempat.

Acara sedekah payo sendiri untuk tahun ini dipusatkan di dusun Pematang Bedaro Desa Simpang limo, karena prosesi ini tempatnya berpindah - pindah dari  dusun ke dusun.

Prosesinya sedekah Payo turun Baumo  untuk meminta dan memohon kepada yang maha kuasa agar dalam mengawali musim tanam tahun ini mendapat keberkahan dan mendapat hasil yang melimpah.

Badrun, Kepala Desa Sarang Burung mengatakan, kegiatan Sedekah Payo Turun Baumo rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan untuk tuan rumah setiap tahunnya dilakukan secara bergiliran dengan desa Simpang Limo.

“Simpang limo ini desa pemekaran dari Sarang Burung, jadi setiap tahunnya kita rutin menggelar acara sedekah payo ini, dan untuk tuan rumah kita bergiliran,” sebutnya.


SEDEKAH PAYO TURUN BAUMO SEBAGAI PERTANDA DIMULAINYA MASA TANAM PADI


Sedekah payo turun baumo ini pertanda dimulainya masa tanam Padi di sawah masyarakat Dua Desa, yaitu Desa Sarang Burung dan Desa Simpang Limo.

Bupati Muaro Jambi Masnah mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dapat hadir di tengah masyarakat dua Desa ini, karena dirinya memang telah lama tidak bertatap muka dan mendengar aspirasi dari dua Desa ini secara langsung.

“Saya juga berterima kasih kepada masyarakat Dua Desa ini karena masih menjaga lahan sawah untuk ditanami padi, karena di tempat lain banyak sawah telah berubah menjadi lahan sawit, semoga Baumo ini tetap terjaga,” sebutnya.

Dalam acara ini turut hadir Kadis PUPR Muarojambi, Kadis Perkim, Kadis Pertanian, Kabag Humas, Datuk Kades Sarang Burung dan Datuk Kades Simpang Limo serta ratusan masyarakat dua Desa tersebut yang mengikuti prosesi sedekah payo turun baumo.