Bupati Masnah Busro Serahkan 500 Sertifikat Gratis Untuk Warga Sie Gelam


Bupati Masnah Busro serahkan 500 serifikat bagi warga sie Gelam dalam program PTSL th 2019. Waktoe/poll

Bupati Masnah Busro serahkan 500 serifikat bagi warga sie Gelam dalam program PTSL th 2019. Waktoe/poll

JAMBI - Bupati Masnah Busro berikan 500 sertifikat gratis dalam Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)  kepada warga sei Gelam kab. Muaro Jambi dilapangan Balai Desa Tangkit. Muaro Jambi, 7 Januari.

Selasa pagi (7/1) pukul 10.00 WIB bertempat di Lapangan Balai Desa Tangkit Kec. Sei Gelam Kab. Muaro Jambi telah berlangsung Kegiatan penyerahan Sertifikat tanah untuk rakyat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kab. Muaro Jambi oleh Bupati Muaro Jambi  Masnah Busro.

Berjumlah 500 Bidang tanah diberikan kepada 4 desa, masing masing Desa Tangkit sebanyak 300 Bidang, Desa Sei Gelam sebanyak 100 Bidang,  Desa Talang Belido sebanyak 50 Bidang, Desa Gambut Jaya sebanyak 50 Bidang.

Secara simbolis Bupati Muaro Jambi bersama unsur Forkopimda Kab. Muaro Jambi menyerahkan sertifikat kepada I Nyoman Dedi, Abdul Hisyom, Jasmin dan Lasman dari desa Tangkit, kemudian dari desa sei Gelam diwakili Sukarsih dan  Bahrun, untuk desa Talang Belido diwakili Suyono, Herman Susanto, sedangka desa Gambut Jaya diterima A. Jawawi, Budiono.

Dalam Sambutan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menyampaikan program PTSL sangat didukungnya karena dengan program ini menjamin kepastian hukum terhadap asset yg dimiliki oleh Masyarakat.

"Kab. Muaro Jambi mendapat ± 20.000 Bidang dengan hal ini kami harap kepada masyarakat agar pro aktif mengurus Sertifikat sebagai jaminan asset untuk anak cucu kita nanti, Kepada masyarakat agar Sertifikat yang diterima agar disimpan di tempat yang aman dan sebisa mungkin tidak dijual, kalaupun butuh dana agar lebih baik diagunkan saja", pesan Masnah.

Sobri, Camat Sei Gelam pun dalam sambutannya menjelaskan Kec. Sei Gelam merupakan Kecamatan yang cukup luas dengan konflik pertanahan dan batas yang cukup banyak ,dan kami berharap dengan adanya Program ini dapat mengatasi permasalahan yang ada.

"Hari ini akan dibagikan 500 bidang SHM yang merupakan perwakilan dari Kec. Sei Gelam dari total 5.600 SHM yang akan dibagikan, nanti sisanya akan diserahkan melalui Desa masing-masing", ungkapnya.

Sementara Suharna, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Muaro Jambi  juga menjelaskan Program ini bertujuan untuk melegalisasi aset masyarakat guna meminimalisir  konflik sengketa Pertanahan. Dalam kegiatan PTSL juga ada kegiatan sertifikasi tanah wakaf, UMKM, dan Nelayan.

Ditambahkan, Untuk tahun 2020 on progres 10.000 Bidang tanah yang akan disertifikasi. Untuk Kec. Sei Gelam program PTSL sebanyak 5600 SHM, hari ini diserahkan 500 bidang sebagai perwakilan secara simbolis oleh Bupati Muaro Jambi dan sisanya akan diserahkan di Desa Masing.

Di Kab. Muaro Jambi sendiri ada program Gugus Tugas yg untuk provinsi Jambi hanya ada di Kab. Muaro Jambi dengan program transmigrasi di Ds. Gambut Jaya.

Turut hadir dalam kesempatan  tersebut
Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, S.I.K., M.H, Kasdim 0415/BTH Mayor Inf. Beni, Asisten I Setda Kab. Muaro Jambi Drs. Najamuddin Nasir, MM, Asisten II Setda Kab. Muaro Jambi Drs. David Rozano, Kepala BPBD Kab. Muaro Jambi M. Zakir, Kepala Dinas PUPR Kab. Muaro Jambi Yultasmi,  Danramil Jaluko Kapten Heriansyah, Kapolsubsektor Sei Gelam IPDA Irianto, Para Kepala Desa se-Kec. Sei Gelam dan Perwakilan masyarakat yang menerima SHM dari 4 Desa Kec. Sei Gelam.