Bupati Romi Haryanto Serahkan Kurban Seekor Sapi


Hewan kurban

Hewan kurban

JAMBI - Pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dikabupaten Tanjung Jabung Timur yang dilaksanakan di masjid Nurul Darojat. Sekitar 07.30 WIB di masjid agung Nurul darojat Bupati Romi Haryanto menjalankan sholat Idul Adha bersama jajaran ASN di lingkup pemkab Tanjung Jabung Timur. Tanjung Jabung Timur, Minggu, 11 Agustus.

Sebelum dimulai sholat, dalam sambutannya Romi Haryanto menyampaikan momentum idul adha, beliau memohon maaf atas segala salah dan khilaf.

Selanjutnya beliau juga mengundang jamaah untuk berkenan hadir di rumah dinas dalam rangka silaturahmi.

Panitia sholat idul Qorban, Asnawi menyampaikan jumlah hewan qorban yang disembelih di masjid Addarojat 4 ekor sapi dan 3 Kambing. Namun secara keseluruhan ada 35 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Hewan Kurban itu sendiri, diterima dari bupati Romi Haryanto satu ekor dan beberapa dari OPD.

Namun yang dari OPD ada yang sudah diserahkan ke beberapa masjid. Secara simbolis penyerahan hewan kurban diserahkan oleh wakil bupati Robby Nahliansyah kepada panitia kurban.

Para Jamaah masjid terlihat memadati masjid Ad Darojat hingga sampai di tangga-tangga masjid, meskipun masjid ini berada di komplek perkantoran yang sedikit jauh dari perkampungan.

Selesai sholat Idul Adha jajaran ASN langsung bersilaturahmi ke rumah dinas bupati dilanjutkan ke rumdin wakil bupati dan yang terakhir ke rumdin Sekretaris Daerah

Hewan Kurban Dijamin Sehat

 

Dinas Perkebunan dan Peternakan melalui bidang Keswan Kesmavset membentuk petugas lapangan yang terdiri dari dokter hewan dan para medis melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan kurban.

Setiap hewan kurban dipasang label sehat dari dinas perkebunan dan peternakan, tentunya setelah melalui rangkaian pemeriksaan. Rika Hartati kabid Keswan Kesmavet menjelaskan bagi hewan kurban sudah dipasang semua label sehatnya, dan Ternaknya sudah di periksa semua baik secara antemortem maupun postmortem. "Petugas kami dokter hewan dan paramedispun masih melakukan pengawasan dilapangan tersebar diseluruh wilayah", ujarnya. Saat ditanyakan data kurban, Rika menyampaikan data masih proses input perkecamatan, dan petugas masih keliling melakukan pemeriksaan. "Kemarin sajapetugas sampai malam hari bekerja, setelah melakukan pemeriksaan teman-teman dilapangan baru bisa kirim data", pungkasnya.