Cegah Karhutla, Wabup Robby Nahliansyah Adakan Rakor Lintas Sektoral


Wabup Robby Nahliansyah pada saat penandatanganan pakta integritas pencegahan  Karhutla. Waktoe | Ihsan

Wabup Robby Nahliansyah pada saat penandatanganan pakta integritas pencegahan Karhutla. Waktoe | Ihsan

JAMBI - Upaya menindaklanjuti rakornas tentang pencegahan dan penanggulangan Karhutla, pemda Tanjab Timur laksanakan rapat koordinasi lintas sektoral. Wabup  Robby Nahliyansyah, Senin (9/3/20)  membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum CSR Perusahaan dan lintas sektoral dalam rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  di aula Kantor Bupati.

Dalam sambutannya Wabup Robby Nahliansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi,  kesamaan langkah dalam upaya menciptakan kebersamaan guna membangun Kabupaten Tanjab Timur untuk menuju arah yang lebih baik.

 

Ditambahkan Robby, Rakor juga bertujuan untuk  upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada Tahun 2020 yang diharapkan dapat dilakukan secara terpadu bersama unsur Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Dan untuk menghindari terjadinya Karhutla, maka perlu dilakukan pencegahan Karhutla secara tepat, cepat dan terpadu, melalui pengerahan seluruh sumber daya yang ada di Kabupaten Tanjab Timur.

"Partisipasi aktif perusahaan yang memiliki konsesi pengolahan lahan wilayah kerja usaha di Kabupaten Tanjab Timur sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan Karhutla", ungkap Robby.


Partisipasi aktif perusahaan terkait dengan pencegahan Karhutla dituangkan dalam  penandatanganan pakta integritas bersama untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan dalam kegiatan pembersihan lahan (Land Clearing).

 

Turut menandatangani pakta integritas mulai dari Wabup Robby Nahliansyah, Ketua DPRD Mahrup, Kapolres AKBP. Deden Nurhidayatullah, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf. Erwan Susanto, Kepala Kejaksaan M. Irfan Jaya, Perwakilan BMKG Provinsi Jambi, Perwakilan BRG Provinsi Jambi, Perwakilan Dinas Kehutan Provinsi Jambi, Kepala OPD dan Forkopimda lainnya, para Camat serta Perwakilan dari berbagai perusahaan yang ada di Tanjab Timur.