Dandim: Pembukaan TMMD Melibatkan SAD


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

JAMBI - Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Widi Rahman, mengakui akan membuat pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 0415/Batanghari di Desa Ladang Peris, Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi, berbeda dari TMMD yang sudah-sudah.

Pasalnya, Dandim akan melibatkan sejumlah Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Kabupaten Batanghari dalam kegiatan TMMD ke 105 Kodim 0415/Batanghari kali ini.

"Sengaja kita menyentuh sisi mereka (SAD), karena mereka juga sama kedudukannya dengan kita masyarakat biasa. Tidak boleh ada perbedaan," tegasnya.

Diantara kegiatannya, sambung Widi, yakni ikut dalam acara pembukaan TMMD pada tanggal 11 Juli mendatang.

"Suku Anak Dalam ini akan kita libatkan dalam acara pembukaan TMMD. Mereka akan bersama para anggota TNI, Polri, pelajar dan lainya. Diharapkan mereka semakin cinta tanah air NKRI," tandas Widi.

Diakuinya, perhatian TNI kepada suku rimba tersebut sudah sering dilakukan, seperti adanya anggota TNI yang mengajarkan pendidikan di lokasi mereka. Disamping itu, kata Dandim, dalam kegiatan kemasyarakatan, sepeti gotong-royong pembukaan jalan, bedah rumah warga dan lainnya, mereka juga dilibatkan.

"Selain merasa diperhatikan, mereka tidak merasa dikucilkan oleh masyarakat dan bisa berbaur dengan masyarakat setempat. Jadi para SAD ini ikut serta dalam membangun Desa Ladang Peris ini," kata Widi.

Terpisah, Salah satu anggota Kodim 0415/Batanghari kopral Dua (Kopda) Sisri Hadi berbaur bersama warga RT 08 Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabuaten Batanghari.

Dalam kesempatan itu, Kopda Hadi mensoslisasikan seluruh rangkaian program pra TMMD sudah sudah berjalan maupun TMMD yang akan di buka pada 11 Juli mendatang. 

Hadi menyampaikan kepada warga bahwa program fisik TMMD Ke-105  ini akan membuka jalan, pasang gorong-gorong, bedah rumah, bangun jembatan.

"Sementara kegiatan non fisiknya, berobat gratis, pemasangan implan, sunatan masal dan perekaman e-Ktp," ujarnya di hadapan warga.

Dia juga mengajak seluruh warga untuk ikut serta dalam upacara pembukaan TMMD pada 11 Juli nanti. "Pembukaan nanti ada pembagian sembako gratis, kami minta tolong sampaikan ke warga yang lain," katanya.

Terpisah, Babinsa Koramil 415-04/Muara Bulian Serda Tri Purwanto kembali membantu warga gotong royong membangun rumah Bapak Supar (39) usai melaksanakan Sholat Jumat di RT 12 Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

"Kita sudah memasang pondasi sama tiang sudah di bangun," kata Tri Purwanto.

Tri memperkirakan kondisi fisik bangunan rumah milik Supar sampai saat ini sekitar 8 persen, dirinya tetap optimis sebelum pembukaan TMMD pada 11 Juli 2019  rumah milik Supar mencapai 80 persen.

"Kita tetap optimis sebelum pembukaan TMMD nanti ini harus selesai 80 persen," kata Tri.

Tags