Danramil : E-KTP Bentuk Kepedulian pada Masyarakat Ladang Peris


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

JAMBI - Anggota Kodim 0415 Batanghari Praka Bambang Irawan gotong royong bersama masyarakat membangun rumah milik Iskandar (37) RT 12, Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, kabupaten Batanghari.

Praka Bambang mengatakan untuk saat ini dirinya dan warga sekitar sudah memasang pondasi, tiang dan sudah tegak payung. "Posisi rumah sudah tegak payung, perkiraan ini sudah capai 10 persen, target saya sebelum pembukaan TMMD ini sudah selesai sampai 75 persen," katanya, Sabtu (6/7).

Bambang juga menjelaskan, sebelumnya Iskandar tidak memliliki rumah melainkan Iskandar tinggal di tempat saudaranya. "Iskandar hanya buruh karet, dan selama ini dia numpang rumah saudara. Dari TMMD ini Iskandar bisa memiliki rumah sendiri," kata Bambang Irawan.

Bambang berharap usai pembangunan rumah milik Iskandar selesai hingga 100 persen agar segera untuk pindah supaya tidak merepotkan keluarganya lagi.

"Kalau rumah ini selesai nanti segera lah pindah kesini, dan jaga baik baik rumah ini, tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan," kata Bambang.

Terpisah, Babinsa Koramil 415-04/Muara Bulian Sersan Dua (Serda) Supari membantu Suwonok (50) warga Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari memupuk batang karet. Suwonok bekerja sebagai buruh tani karet berdomisili di RT 02 di wilayah TMMD Ke-105 Kodim 0415/Batanghari tahun 2019.

"Saya senanglah bisa di bantu. Terima kasih kepada bapak Supri mau membantu meskipun sedang capek habis ikut warga gotong royong membangun rumah," ujar Supri.

Supri bertugas sebagai pendamping dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0415/Batanghari tahun 2019 di wilayah Desa Ladang Peris. Kegiatan tersebut di lakukan di waktu istirahat membantu gotong royong membangun rumah salah satu warga yang mendapat bantuan.

"Apa saja kegiatan warga yang bisa kita bantu, ya kita bantu. Membantu kan termasuk tugas mulia," kata Serda Supari.

Sementara itu, Danramil 415-04/Muara Bulian Kapten Inf Rilman bersama perwakilan Dinsos dan Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Batanghari mengecek kesiapan perekaman E-KTP di media center Satgas TMMD RT 08 Desa Ladang Peris.

Rilman menjelaskan seluruh agenda kegiatan TMMD baik fisik maupun non fisik yang akan di laksanakan hampir lebih kurang selama 30 hari termasuk perekaman E-KTP

"Waktu rapat koordinasi, salah satu kegiatan dalam program TMMD Ke-105 ada perekaman E-KTP. Saat ini perwakilan dari Dinsos Catatan Sipil kita kembali meindak lanjuti kesepakatan," kata Rilman. 

Rilman mengharapkan proses perekaman e-Ktp nanti pada saat pembukaan 11 Juli 2019 berjalan dengan baik tanpa ada kendala sedikitpun. "Saat ini sudah maksimal, cuma kita akan terus memaksimalkan lagi seluruh persiapan," ujar Rilman.

Perekaman e-Ktp bentuk kepedulian pada masyarakat suapaya tidak jauh-jauh pergi ke Kecamatan untuk melakukan buat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Salah satu perwakilan dari Dinsos dan Catatan Sipil menyebutkan, kedatangan juga untuk mencari titik sinyal yang kuat untuk mengirim data hasil perekaman.

"Karena setelah di rekam data langsung dikirim melalui komputer secara online," ucapnya.

Tags