Diskominfosan Kota Yogyakarta Menggelar Seminar tentang Penggunaan Internet Secara Aman dan Bijak


Kepala Bidang Persandian Diskominfosan Kota Yogyakarta Tri Haryanto, saat memberikan sambutan di acara Seminar Pembinaan Operasional Warnet dan Game Online, Selasa (27/11) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta

Kepala Bidang Persandian Diskominfosan Kota Yogyakarta Tri Haryanto, saat memberikan sambutan di acara Seminar Pembinaan Operasional Warnet dan Game Online, Selasa (27/11) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta

Waktoe.com - Kemajuan era teknologi informasi dan komunikasi telah membawa manusia kedalam kemudahan mengakses informasi, berita, hiburan, permainan dan segala kebutuhan lainnya dalam waktu yang singkat. Hal tersebut, membuat masyakat dituntut untuk menggunakan teknologi dengan bijak, supaya terhindar dari konten negatif yang ada.

Untuk itu, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, memberikan seminar kepada orang tua siswa dan pengelola warnet tentang penggunaan internet secara aman dan bijak.

Kegiatan ini dihadiri oleh orang tua atau wali murid SMP, pengusaha dan pengelola warnet yang ada di Kota Yogyakarta pada Selasa (27/11/2018) bertempat di Ruang Bima, Balai Kota Yogyakarta.

Seminar ini dihadiri oleh empat pembicara dari bidang yang berbeda yaitu Wing Wahyu Winarno dari Praktisi Multimedia sekaligus Dosen, Wening Wulandaru dari Psikolog, Eka Indarto dari Pengurus Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Dedi Budiono dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Persandian Diskominfosan Kota Yogyakarta, Tri Haryanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai bentuk sosialisasi tentang penggunaan internet yang aman dan bijak.

“Kemudahan akses informasi saat ini, haruslah diimbangi dengan penggunaan internet yang aman dan bijak, melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Tri Hastono mengatakan teknologi memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya. Dampak negatif ini yang kemudian perlu mendapatkan perhatian, terutama bagi anak-anak.

“Dalam mencegah para siswa dari konten negatif tersebut, kita semua perlu ikut terlibat aktif untuk memperkenalkan penggunaan internet yang aman dan sehat ," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk mewujudkan penggunaan internet yang aman dan sehat, serta terhindar dari konten negatif maka diperlukan keterlibatan semua komponen, baik pemerintah, masyarakat, hingga pengelola warnet.

“Penggunaan internet di kalangan para siswa perlu senantiasa di awasi, baik dari guru maupun orang tua. Begitu juga dengan pengelola warnet, diminta untuk bekerjasama dalam memberikan layanan internet yang aman dan sehat," jelasnya.

Ia berharap, melalui tanggungjawab bersama ini, agar semua dapat melindungi para siswa dan mewujudkan masyarakat yang peduli internet sehat dan aman.