Fachrori: Siswa SMK Berinovasi dan Berwirausaha


Plt Gubernur Jambi H. Fachrori Umar

Plt Gubernur Jambi H. Fachrori Umar

Bungo- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum mengajak para siswa siswi SMK untuk bisa berinovasi melalui karya nyata berdikari sebagai pelaku usaha produktif dan berjiwa kewirausahaan. Hal itu dikemukakan Fachrori saat membuka Penguatan Pendidikan Karakter dan Pameran Produk Unggulan (Inovasi) Siswa SMK se-Provinsi Jambi, bertempat di SMK Negeri 2 Muaro Bungo Kecamatan Babeko, Selasa (13/11/2018)

Fachrori mengharapkan para siswa SMK dapat menumbuhkembangkan semangat dan jiwa kewirausahaan dan terus membangun karakter positif. 

"Kita harus berani bermimpi besar, melatih diri sendiri menghadapi kegagalan, mengembangkan ide menjadi sebuah inovasi, serta menebarkan kebaikan-kebaikan dengan menjadikan idenya bermanfaat untuk orang lain. Saya yakin anak-anak kita yang ada di sini memiliki bakat-bakat yang istimewa dan memiliki naluri berwira usaha disektor industri kreatif yang perlu didorong bersama agar betul-betul menjadi kebanggaan kita bersama, supaya menjadi bagian dari industri kreatif yang bisa menjadi andalan kita bersama," Fachrori menjelaskan.

Selain itu, Fachrori meminta para guru dan orang tua/wali murid untuk terus memberikan bimbingan kepada anak-anak didik, agar siswa siswi dapat berkreasi, serta anak-anak harus memiliki ketahanan mental yang tinggi sebagai pelaku dunia usaha di sektor Industri kreatif.

Melalui kegiatan ini, kata Fachrori, para siswa SMK dapat saling bertukar pengalaman sebagai kader bangsa dan sumber insani pembangunan. Fachrori menjelaskan, tujuan dilaksanakan lomba-lomba dalam Jambore Kewirausahaan ini adalah agar terjalin silaturrahmi antar pelajar di Provinsi Jambi dan juga merupakan ajang bagi  pelajar untuk menunjukkan kompetensi mereka di bidang inovasi teknologi, unjuk tangkas keterampilan dan kemampuan mereka dalam mengikuti perkembangan informasi terbaru di bidangnya masing-masing.

"Pendidikan karakter bagi generasi muda sebagai wadah untuk berkreasi dalam berinovasi dan berwira usaha, sebagai penguatan pembelajaran kewirausahaan bagi peserta didik yang berorientasi pada pembentukan karakter wirausaha," kata Fachrori.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Jambi dan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar meninjau stand pameran inovasi dan kreativitas SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Agus Heriyanto,SH menyampaikan, gerakan pendidikan di sekolah merupakan upaya memperkuat karakter peserta didik dengan mengembangkan marwah pendidikan yang dicetus oleh Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, dengan menitikberatkan pendidikan pada dimensi oleh hati, rasa, oleh karsa dan olah raga. 

"Bertitik berat pada pendidikan karakter, bertitik tolak pada kebijakan pemerintah dalam mengimplikasikan cita-cita nasional yang tertuang dalam Nawacita Pendidikan Nasional," ujar Kadisdik Provinsi Jambi.

Agus mengatakan, penguatan pendidikan karakter pada dasarnya lahir karena kesadaran akan tantangan kedepan yang semakin kompleks.

 "Dalam kondisi yang seperti ini, lembaga pendidikan harus mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, untuk melahirkan individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual, dan keilmuan serta memahami latar belakang dan urgensi pentingnya pendidikan karakter," kata Agus

Jambore kewirausahaan dilaksanakan selama empat hari, 13 - 16 November 2018, diikuti 2.500 siswa-siswi se Provinsi Jambi.

Ditempat yang sama, Kakwarda Provinsi Jambi, H. Sudirman menyampaikan, ucapkan terima kasih kepda kepada Plt. Gubernur Jambi yang telah banyak membantu generai muda terutama dalam Gerakan Pramuka Provinsi Jambi mengalokasikan APBD untuk Pramuka.

"Baru-baru ini, Pemerintah Republik Indonesia memberikan lencana tertinggi di bidang pramuka dari Presiden RI H. Ir. Joko Widodo kepada Plt. Gubernur, untuk itu kita akan mengusulkan mendapatkan lencana dari kerajaan di Malaysia di bidang pramuka,” kata Sudirman.

Dalam event ini, tercipta rekor MURI, berupa sajian kue padamaran khas Jambi terbanyak. (Ramadhani/*).