Gaduh Replanting Sawit, Rajito Kadisbunak Tanjab Timur Ngomong Begini


Replanting sawit di Tanjab Timur - Jambi. Waktoe | Ilustrasi

Replanting sawit di Tanjab Timur - Jambi. Waktoe | Ilustrasi

JAMBI - Adanya program replanting sawit yang beredar di Wilayah Tanjab Timur tidak diketahui oleh dinas Perkebunan dan Peternakan  kabupaten Tanjab Timur. Hal ini disampaikan Rajito kepada kantor berita waktoe, Jumat 10 Juli 2020.

Rajito menjelaskan program replanting sawit ini diketahuinya saat baru melakukan pengecekan lahan kopi di Dendang. Kala itu dikabari ada sosialisasi yang diadakan Apip DPRD provinsi bersama Panca kabid Pengembangan Disbun Provinsi Jambi.

"Saya mengikuti sosialisasi di Dendang saat cek lokasi lahan kopi, jadi tidak mengetahui persisnya, karena tidak ada koordinasi dengan Disbunak kabupaten," Ungkapnya.

Dari informasi saat sosialisasi tersebut rencana target seluruh Jambi 14.000 hektar lahan replanting sawit dengan anggaran Rp. 30.000.000,- perhektar yang langsung di transfer ke rekening kelompok tani.

Setiap anggota maksimal hanya dapat mengajukan 4 hektar lahannya.  Uang itu dipergunakan mulai dari landclearing, bibit, pupuk dan perawatan.

Anggaran replanting dari sumber dana BPD PKS, (Badan Pengelola Dana Pabrik Kelapa Sawit) pusat, dan yang membawa ke Tanjab Timur melalui APIP DPRD provinsi dan Panca Kabid Pengembangan Dinas Pekebunan Provinsi.

Ditambahkan Rajito, sosialisasi pun sudah dilakukan dibeberapa tempat tanpa koordinasi. "Ini sudah kita laporkan ke Bupati Mas, dan Bupati mau program tersebut jika khusus Tanjab Timur dialokasikan 10.000 hektar," Cetusnya.

Sosialisasi di desa desa diinisiasi dari pemerintah desa tersebut yang langsung berhubungan dengan provinsi, dan, tidak melibatkan kita (Disbunak, red).

"Nanti kita akan laporkan kembali ke Bupati perkembangan informasi replanting sawit ini ya," Imbuhnya.

Saat disinggung pendampingan pemda bagi lahan yang di Replanting, Rajito menjelaskan, Pemda melalui Dispertan & Hortikultura dimungkinkan akan memberikan bantuan bibit hortikultura sebagai tanaman sela dan menjadi penghasilan tambahan.