Harga Sawit Meroket, Pabrik Merugi, Benarkah?


Proses produksi sawit di pabrik kelapa sawit. Waktoe| Doc

Proses produksi sawit di pabrik kelapa sawit. Waktoe| Doc

JAMBI - Dalam dua bulan terakhir (Nopember - Desember), menapaki tahun 2020 harga sawit melonjak hingga Rp. 1.850,- per kilogram. Bahkan pabrik ada yang berani memberikan harga hingga 1.875,- rupiah. Tanjab Timur, 20 Januari.

Hingga pekan ke kedua bulan Januari, harga TBS (Tandan Buah Segar) sawit masih tidak bergeser dari angka 1.850,- rupiah perkilo. Hal ini dipicu karena buah sawit terbatas. Dengan begitu pabrik kelapa sawit berebut untuk mendapatkan TBS hingga harganya melonjak dan terus merangkak dari sekitar seribuan per kilo sampai mendekati angka 2000,-.

Disampaikan oleh Aun General Manager  pt SGAM (19/1) kepada kantor berita waktoe, harga sawit mencapai Rp.1850 perkilo, kita terima. Dengan harga tersebut kebutuhan buah untuk produksi  sesuai dengan kouta kita tidak terpenuhi.


PERJAM KITA PRODUKSI 45 TON, DENGAN DURASI 24 JAM MAKA DIBUTUHKAN 1080 TON PERHARI.


Setiap satu kilogram produksi TBS diperoleh minyak CPO sekitar  17 persen, dengan harga perkilo Rp.9400,- jadi perhitungan kita dengan kondisi seperti ini mencapai Rp. 700 -800 rupiah. Rata rata kita mampu menghasilkan minyak CPO sekitar 2000 ton.

Kata Aun, kondisi ini kategori luar biasa, biasanya seri,  kalau ini sudah minus.

"Bulan depan pesimis, kalau kondisinya masih seperti ini, seperti buah simalaka, dengan harga  mahal  namun buah berserak, kemana mana", ungkapnya.

Selama ini antar pabrik memang tidak ada koordinasi untuk penentuan harga. Kalau pemerintah memaksakan  TBS  dari petani  di Tanjab Timur disetor kesini (pt.SGAM, red), nanti kabupaten lain protes.

Sementara itu, Udin  salah satu petani sawit di desa Rantau Karya, kecamatan Geragai di kabupaten Tanjung Jabung Timur,  menyampaikan harga sawit di petani rata rata berkisar Rp. 1.600 per kilo, tapi per hari naik turun mas.

"Kondisi normal kami perhektar dapat menghasilkan 1,4 ton namun sekarang kita hanya mendapatkan TBS sekitar 1 ton per hektar", jelasnya.