Inovasi Klaten Tembus Top 20 KIPP Jateng


Pemda Klaten nampak dari depan

Pemda Klaten nampak dari depan

KLATEN - Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Jawa Tengah 2020 meloloskan 20 inovasi terbaik dalam  Top 20 inovasi  yang diikuti 35 Kabupaten / Kota Se- Provinsi Jawa Tengah.  Inovasi ini akan diuji menjadi inovasi terbaik untuk mewakili Jawa Tengah ke Tingkat Nasional. 

Kabupaten Klaten sendiri meloloskan dua inovasi yakni Program Titip Bandaku alias Titip Berkas Arsip Digitalku persembahan Dinas Arsip dan Perpustakaan serta inovasi Si Pakde Difa alias Sistim Pembelajaran Kebencanaan E-learning Bagi  Difabel  karya Badan Penanggulangan Bencana Daerah Klaten.

Inovasi Titip Bandaku dan Si Pakde Difa telah berhasil menyingkir 188 proposal inovasi yang masuk meja juri dan melewati seleksi administrasi. Kebetulan saja inovasi ini mengambil tema mitigasi kebencanaan. Kalau Titip Bandaku menekankan mitigasi arsip vital warga di daerah rawan bencana, sedang Si Pakde Difa mengutamakan akses keselamatan bagi kaum difabel.
Menurut Kepala Sub Bagian Tata Laksana dan pelayanan Publik Bagian Organisasi Setda Klaten Rahayu Purwanti kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo menjelaskan bagi tim perancang inovasi untuk mempersiapkan uji presentasi dan wawancara.

“Tim perancang inovasi harus bersiap untuk uji pendalaman di Semarang tanggal 3 Desember 2020 di Gedung B Lantai 5 Setda Provinsi Jawa Tengah. Presentasi nanti durasinya 15 menit, yakni 10 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk pemutaran video kegiatan.  Sedangkan wawancara selama 75menit” kata Rahayu (26/11).

Rahayu yang akrab disapa Yuyun itu menambahkan bahwa pendampingan telah dilakukan Bagian Organisasi Setda Klaten termasuk saat pendaftaran dan pengisian proposal.  Masing-masing inovator diberikan user untuk pengisian melalui aplikasi.  Dalam aplikasi itu sudah ada petunjuk pengisiannya.

“Inovasi ini mensyaratkan minimal sudah berjalan selama satu tahun.  Top 20 inovasi KIPP ini akan diambil 10 besar.  Selanjutnya inovasi ini akan menjadi milik provinsi Jawa Tengah. Bagi pemenang akan disiapkan hadiah pembinaan dan penghargaan” pungkasnya.