Kantin di Dalam Pabrik, Lukai Perekonomian Warga Setempat


Penampakan rencana perluasan pabrik PT JKJ Indonesia. (Foto : dokumentasi warga)

Penampakan rencana perluasan pabrik PT JKJ Indonesia. (Foto : dokumentasi warga)

Waktoe.com - Masyarakat sekitar Pabrik sarung tangan milik PT JKJ Indonesia yang berada di Tegalsari, Dompyongan, Jogonalag, Klaten, Jawa Tengah meributkan permasalahan kantin yang berada di dalam area pabrik tersebut.

Diungkapkan Tokoh Masyarakat setempat, Sumaryono, kantin yang berdiri sejak tiga bulan terakhir ini dirasa merugikan warga, pasalnya pihak pabrik tidak memberdayakan masyarakat sekitar dalam mengoperasikan kantin tersebut.

"Awalnya ngomong kantin itu buat pemberdayaan masyarakat, tapi kenyataannya kantin dikelola orang dalam sendiri," kata Sumaryono, beberapa waktu lalu.

Bahkan menurut dia, di area yang semula akan dijadikan sebagai perluasan pabrik tersebut, kini didirikan warung atau kantin yang semula akan dikelola warga sebagai pemberdayaan tetapi pada kenyataannya tidak.

Sementara pihak PT JKJ Indonesia diwakili Thomas mengatakan, bahwa keberadaan kantin tersebut telah dikelola oleh warga setempat. "Banyak juga warga sini yang menitipkan makanan atau jajanannya di kantin itu, jadi tidak benar kalau kantin kita kelola sendiri," tandasnya.