Kasus Karhutla, 2 tersangka 1 terperiksa, ini Penjelasannya


Karhutla di Maro Sebo Muaro Jambi. Waktoe/dok

Karhutla di Maro Sebo Muaro Jambi. Waktoe/dok

JAMBI - Upaya membuat jera agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, penerapan sanksi pidana kepada pelaku pembakaran menjadi pilihan. Muaro Jambi, Selasa 10  September.

Berbagai upaya sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan meski terus dilakukan namun maaih saja ada yang melakukan upaya pbersihan lahan dengan cara dibakar.

Seperti yang disampaikan kapolres Muaro Jambi AKBP Mardiono dalam konfrensi pers dihadapan awak media (9/9) di Mapolres Muaro Jambi.

Dihadapan awak media kapolres mengatakan sudah ada dua pelaku yang dinyatakan tersangka dan satunya masih dalam proses penyelidikan.

Salah satunya kejadian Karhutla di Mendalo  dibelakang perumahan Citra Raya, pelakunya  Amin yang membakar lahan milik  seorang ASN dari kabupaten Kerinci provinsi Jambi.

Kata Kapolres, Kejadian pembakaran lahan terjadi Minggu 8 September sekitar pukul 9.30 wib di  Pijoan, Jaluko, lahan yang berupa semak- semak,  tanah mineral seluas 2500 meter persegi, yang dimiliki oleh Salamudin, warga Kerinci yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil ini dibakar oleh Amin untuk membersihkan lahan.

Pelaku Amin,  dari pengakuannya sengaja membakar, dengan menumpukan sampah lalu dibakar rencananya untuk tanaman kopi.

Lanjut Mardiono, Garis polisi sudah kita pasang dan  spanduk dalam pengawasan polres Muaro Jambi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Saat ditanyakan pembakaran atas suruhan pemilik atau inisiasi sendiri, Kapolres Akbp Mardiono enggang menjawab karena masih proses pengembangan dan masih didalami.

"Jadi Status amin, terperiksa," Jelasnya

Lanjut Kapolres, dalam perkara Karhutla dari 3 orang ini  1 masih disidik dan 2 sudah dinyatakan tersangka dan memasuki tahap kedua.

"Karhutla yang terjadi adalah perseorangan," Ujarnya

Kapolres dalam kesempatan tersebut berpesan jangan membuka lahan dengan dibakar sekecil apapun, angin sangat kecang dan lebih cepat terbakar karena sangat berbahaya.