Ketua HKTI Dinantikan jadi Gubernur Jambi


Usman Ermulan

Usman Ermulan

Jambi - Usman Ermulan ternyata sudah dinantikan masyarakat untuk memimpin Provinsi Jambi ke depan. 

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Jambi, Hatta Arifin meyakini, jika Usman diberikan amanah oleh masyarakat Jambi terpilih menjadi gubernur pada pilkada tahun 2020, pembangunan akan banyak mengalir ke daerah ini. 

"Berdasarkan pengalaman, dia orang yang memiliki jaringan kuat dalam segala hal di pusat. Dengan demikian, pembangunan akan semakin menggeliat dalam segala sektor, termasuk cara meningkatkan harga komoditas," kata Hatta, Jumat (27/9).

Namun, kata Hatta, untuk menjadi gubernur Jambi harus dipilih rakyat melalui pilkada. Untuk merealisasikan tersebut perlu mendapat dukungan dari masyarakat pada pilkada mendatang. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak salah pilih pemimpin Jambi ke depan. Jika rakyat salah pilih maka Jambi tetap seperti ini dan terus tertinggal dengan provinsi tetangga. 

"Sebab membangun Jambi perlu kerja keras. Saya yakin Usman Ermulan sudah menyiapkan konsep, visi dan misi besar untuk Jambi," katanya 

Dari segi kemampuan, kata Tokoh Masyarakat Tanjung Jabung Timur, Rahmad Akadir  Usman Ermulan pernah menjadi anggota DPR RI tiga periode dan mantan bupati Tanjung Jabung Barat selama dua periode. 

"Tidak gampang untuk menjadi anggota DPR/MPR dan bupati dua periode. Secara hukum Usman  pejabat yang tidak pernah tersandung, yang menjadi nilai plus bagi masyarakat untuk memberikan dukungan kepadanya. Jika beliau ingin terus membangun Jambi, saya kira banyak yang akan memberikan dukungan," ujarnya.

Ia berpendapat, pembangunan yang tidak bisa di bohongi publik di kepemimpinan Usman yakni mengembangkan potensi dan peluang pembangunan dengan berbagai terobosan di berbagai sektor strategis. 

"Usman adalah bupati setelah pemekaran yang mengatasi berbagai permasalahan yang ada disitu," katanya.

Usman membangun pariwisata dan perekonomian yakni Wisata Bahari Tungkal Ancol Beach dan Waterfornt City.  Selain untuk wisata kehadiran Waterfornt City atau ancol sebagai penahan ombak bagi kawasan pantai sekitarnya.  

"Usman juga membangun sarana olahraga Sport Center di Pembengis, jauh berbeda dari sarana olahraga yang dimiliki Pemprov Jambi. Tempat-tempat itu jadi tempat pariwisata dengan begitu turut menggerakan ekonomi kerakyatan secara langsung. Yang dulunya pengunjung ke Ancol Kuala Tungkal melihat dari jarak jauh, dan kemudian siapapun bisa melihat dari jarak dekat di pinggir pantai karena sudah ada pelabuhan sambil menikmati makanan ringan," tambahnya.

Disamping itu, ia dan petani di tempatnya sering tukar pendapat persoalan yang dialami oleh petani kepada Ketua Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Provinsi Jambi itu. Mulai dari persoalan harga pinang, kelapa dan sebagainya. Disitu Usman menerima petani dan sering memberikan solusi kepada petani.

Masyarakat Tanjung Jabung Barat, Fadillah mengatakan, era Usman Ermulan tak terlupakan lainnya membikin proyek air bersih. Pada tahun anggaran 2013, Usman membuat proyek baru tanpa melanjutkan proyek lama -bupati sebelumnya--. 

Disitu Usman memindahkan lokasi sumber air bakunya. Dari Desa Teluk Pengkah, Kecamatan Tebing Tinggi ke Desa Parit Panting, Kecamatan Bram Itam dan dilanjutkan pemasangan pipa penghubung dalam Kota Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat. 

"Yang dibangun beliau mengalirkan air di dalam kota dan sekitarnya sebagai andalan PDAM memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Menurutnya, Usman dikenal sebagai kepala daerah yang tegas. Saat menjabat sebagai bupati, Usman berani menyegel sumur milik PetroChina Tanjung Jabung melakukan pengeboran secara diam-diam tanpa ada izin. Hal ini menyebabkan kehilangan potensi pendapatan untuk negara dan daerah.

"Setelah kejadian itu, pendapatan buat daerah jadi meningkat," ucapnya.

Secara terpisah, Usman sempat menyampaikan siap berkontestasi tahun 2020 itu. Doa dan dukungan Masyarakat Jambi adalah harapan besar baginya untuk menempa diri dalam pengabdian memimpin Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Usman dianggap punya kans yang pantas melenggang sebagai kepala daerah di Pemilihan Gubernur Jambi 2020 mendatang. Usman banyak mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat

Karir politik dan prestasi Usman Ermulan tidak dapat dipandang sebelah mata. Sederet prestasinya membuktikannya, yakni sebagai Anggota DPR RI 1992-1997, 1997-1999, dan 1999-2004, lama di komisi keuangan,  Staf Khusus Menteri Negara/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI sampai menjadi Bupati Tanjung Jabung Barat periode 2001-2006 dan periode 2011-2016. Pria yang lahir pada 17 Mei 1951 itu juga aktif memimpin sejumlah organisasi diikuti dan dijalaninya.

Tags