Launching Pilkada 2020, KPU Tanjab Timur Siap Lakukan Tahapan Sesuai Regulasi


Pemukulan Gong tanda launching Pilkada 2020 KPU Tanjab Timur di GOR Paduka Berhala kamis 16 Januari. Waktoe | Ihsan

Pemukulan Gong tanda launching Pilkada 2020 KPU Tanjab Timur di GOR Paduka Berhala kamis 16 Januari. Waktoe | Ihsan

JAMBI - KPU Tanjab Timur provinsi Jambi  laksanakan launching Pilkada Serentak (16/1) di GOR Paduka Berhala Tanjab Timur.  Ketua KPU Tanjab Timur Nurcholis, dalam sambutannya mengatakan, kami menyampaikan beberapa hal dalam menghadapi pemilu serentak  tahun 2020. Mulai dari Regulasi yang jelas, Koordinasi yang baik antara para pihak, forkompinda, Bawaslu, dan pihak pihak lainnya. Tanjab Timur, 16 Januari

"KPU Tanjab Timur siap melayani dan siap mewujudkan pemilu serentak 2020", ungkapnya

Sementara dalam sambutannya sekda Sapril Mewakili Bupati,  menyampaikan pelaksanakan pilkada serentak suatu upaya untuk menuju demokrasi yang berkualitas demi pembangunan masyarakat Tanjung Jabung Timur.

Mendorong masyarakat  agar menggunakan hak pilihnya dengan baik baik dalam pemilihan Gubernur maupun bupati mendatang.

Divisi sosialisasi KPU Provinsi Jambi,  teriamkasih atas sambutan launching pilkada serentak. Ada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati dikabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kami juga mengapresiasi teman teman KPU yang melibatkan kaum milennial. Dan berharap kaum milennial terlibat aktif dalam tahapan pemilu.

Pilkada nanti khusus di provinsi Jambi, akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan 5 pilkada ditingkat kabupaten dan kota ( 4 Pilbup dan 1 pilwakot).

KPU akan melakukan kegiatan launching Pilkada serentak 2020. Pilkada sensiri dilaksanakan  pada 23 September mendatang. Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya tahapan Pilkada Serentak 2020. 

Ha l ini juga sebagai tanda bahwa KPU mulai fokus terhadap proses awal Pilkada.

"Ini menjadi tanda bahwa KPU RI dan KPU di 270 daerah betul-betul harus mulai fokus untuk menyelenggarakan Pilkada", Ujarnya.

Samsedi Ketua Bawaslu Tanjab Timur secara terpisah menyampaikan Bawaslu mengharapkan Tahapan pemilu berjalan baik dan lancar dan ini sesuai harapan KPU juga.

Point penting, tahapan saat ini baru pembentukan organ/perangkat penyelenggaraan hingga di tingkat bawah.

Sedangkan terkait jalur perseorangan tahapannya baru memasukan username (nama nama), kedepan kita akan lakukan pengawasan saat masuk tahapan verifikasinya.

Dari pantauan kantor berita waktoe, Kaum Milennial  banyak dilibatkan dalam launching Pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan (16/1). Pelajar SMA terlihat antusias mengikuti acara launching bahkan kelompok pelajar diberi kesempatan mengisi acara dengan menyanyikan lagu pilkada.

Launching Pilkada, Ada Tari Inai Melayu

Seni Tari Inai Melayu (seni silat) ,musik pengiring seni silat,  gamelan yang dimainkan dalam penyambutan lounching Pilkada serentak KPU Tanjab Timur pada kamis (15/1).  Ada 3 jenis gamelan yang dipakai dengan nama nama gamelannya meliputi Kulintang (Bonang, Jawa red), Kendang 2 buah, Gong Kecil.

Seni silat sendiri menjadi seni khas desa teluk Majelis, kecamatan Kuala Jambi kab Tanjung Jabung Timur.

Salah satu pemain Kulintang Padmawati (60) yang tergabung di Group Teluk Majelis mengatakan,  yang tampil diacara KPU ini yaitu Padmawati, (60), Aminah (77), Maimunah (56), dan  Rahmawati  (63).

Kata Padmawati, musik gamelan ini ada sejak  turun menurun,  sejak kecil saya sudah dilatik memainkannya.

"Gamelan ini biasa tampil  untuk pesta pengantin, Budaya desa Teluk Majelis yang ditampilkan  dimalam pengantin", ujarnya.

Gamelan ini untuk mengiringi seni silat dengan gerakan  Jurus silat untuk laki laki dan untuk perempuan namanya Begubang. Penari biasanya berpasangan laki dan perempuan, rata rata  5 pasang, yang dimainkan oleh Anak-anak ada juga yang sudah dewasa. Jenis lagu macam macam, mulai dari Serama,  Begubang dan lainnya.

"Budaya ini pun hingga kini masih terus terpelihara bahkan anak anak generasi penerus sudah banyak yang mau berlatih", pungkas Padmawati.

Perlu diketahui, 3 jenis alat musik  gamelan seni tari Inai melayu yang dimainkan oleh 4 orang, dengan 5 pasang penari laki-laki dan perempuan, jika diundang diluar daerah tidak mahal jasanya.