Masa Sanggah Bagi CPNS Bukan Untuk Perbaikan


Info grafis cpns 2019.waktoe/ilustrasi

Info grafis cpns 2019.waktoe/ilustrasi

SOLO - Setelah melalui tahap  verifikasi hampir dua minggu penuh, akhirnya Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Klaten menetapkan 9.284 pelamar dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau lolos seleksi administrasi.  Bagi pelamar yang memenuhi syarat   selanjutnya berhak mengikuti ujian tertulis CPNS. Sedangkan sisanya sebanyak 985 pelamar dinyatakan gugur alias tidak memenuhi syarat (TMS). Klaten, 17 Desember.

Bagi pelamar yang ingin memastikan hasil  seleksi administarasi dapat mengakses di laman Sscasn.bkn.go.id yang telah diunggah sejak Senin (16/12/19) pukul 24.00 WIB. Bagi pelamar yang dinyatakan TMS diberikan kesempatan mengajukan sanggahan terhitung sejak tanggal 16 - 18 Desember 2019.  Sementara tanggapan sanggahan akan diumumkan tanggal 26 Desember 2019.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan  Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Tamtama menjelaskan prinsip sanggahan tidak memperbarui dokumen persyaratan CPNS.

“Pelamar yang dinyatakan TMS diberi ruang untuk mengajukan sanggahan. Sanggahan itu bisa terkait surat lamaran, kualifikasi pendidikan, akreditasi, indeks prestasi komulatif, dan sebagainya.  Namun pengajuan sanggahan hanya diberi waktu tiga hari” kata Tamtama saat ditanya via telepon di ruang kerjanya (Senin, 16/12/19).

Dia menambahkan masa sanggahan itu bukan untuk memperbaiki kesalahan atau keteledoran pada saat pendaftaran.  Hal itu juga  bukan untuk mengubah kembali dokumen persyaratan atau untuk mengunggah kembali dokumen persyaratan.  Sanggahan dimaksud juga tidak akan menambah data peserta CPNS atau memperbarui dokumen persyaratan.
Ditanya terkait bagi pelamar yang dinyatakan lolos, Tamtama menjelaskan agar menunggu pengumuman lebih lanjut.

“Tentang waktu, jadual dan tempat ujian Computer Asested Test atau CAT akan diumumkan lebih lanjut.  Bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk menunggu pengumuman berikutnya” tegas Tamtama.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BKPPD Klaten setelah tahap verifikasi terhadap berkas lamaran yang masuk,  tercatat jumlah pelamar CPNS Klaten tercatat 10.264 orang.  Yang dinyatakan lolos seleksi administrasi ada 9.284 pelamar dan sisanya  985 lainya dinyatakan tidak memenuhi syarat alias gugur.

Pemkab Klaten  membuka 736 formasi untuk pengisian pegawai baru.  Formasi umum sebanyak 647 yang terdiri dari 486 untuk formasi guru, 65 untuk formasi  tenaga kesehatan  dan 95 formasi untuk tenaga teknis lainnya.