Masnah Pimpin Apel Siaga Banjir


Apel siaga banjir kabupaten Muaro Jambi

Apel siaga banjir kabupaten Muaro Jambi

JAMBI - Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi menggelar apel siaga banjir tahun 2018. Acara ini dilaksanakan di Desa Pematang Pulai, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi, Selasa (27/11).
Apel diikuti leading sektor dalam hal ini  Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Muarojambi, TNI-POLRI, Satpol -PP, KALAKSA BPBD Kab. Muarojambi, serta dihadiri oleh OPD dan Unsur Forkompimda di lingkup pemerintah Kab. Muarojambi.
Bupati Masnah Busro menjadi Inspektur dalam pelaksanaan apel siaga banjir tahun 2018.
Sebagaimana dalam laporan pelaksanaa kegiatan apel siaga banjir tahun 2018 yang disampaikan oleh Kepala BPBD Kab. Muarojambi, M Zakir bahwa kegiatan pelaksanaan ini didasari dengan surat telegram dari Kapolda Jambi tentang penanganan Banjir, Angin Puting Beliung, Tanah Longsor.
"Kemudian surat informasi dari BMKG tentang analisa puncak musim hujan. Dan nota dinas kami tentang mohon persetujuan melaksanakan kegiatan apel siaga banjir tahun 2018," ujarnya
Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa kegiatan apel siaga banjir ini diikuti sebanyak 350 orang. Adapun di katakannya terdiri dari Anggota TNI sebanyak 1 pelton, Anggota Polres sebanyak 1 pelton, anggota TAGANA sebanyak 10 orang, Anggota Satpol-PP dam Damkar sebanyak 10 orang.
"Dinas perhubungan sebanyak 10 orang, Badam SAR Jambi sebanyak 10 orang, TRC-BPBD sebanyak 45 orang, anggota pramuka sebanyak 10 orang, Pol Airut Polda serta instansi yang terkait,"jelasnya
Bupati Muaro Jambi Masnah Busro berharap agar Kabupaten Muarojambi tidak mengalami musibah banjir. Meskipun memang jika hal itu terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk menanggulangi banjir tersebut.
"Kita laksanakan Apel siaga banjir 2018 dan harapan kita supaya kita selalu siaga mudah-mudahan tidak ada banjir sampai seperti biasanya. Kita tidak mengharapakan banjir tapi kita sudah mempersiapkan semuanya untuk antisipasi,"ujarnya usai pelaksanaan apel siaga 2018 di Desa Pematang Pulai, Kec. Sekernan, Kab. Muarojambi.
Ia juga mengatakan bahwa segala sesuatu yang dibutuhkan dalam menanggulangi banjir di Kab. Muarojambi jika terjadi telah di persiapkan. Hal ini guna membantu masyarakat yang terdampak banjir.
"segala sesuatu dari tim kita siapkan untuk membantu masyarakat. Kami meminta untuk masyarakat berhati-hati, waspada, apalagi saat ini musim hujan,"sebutnya
Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPBD Kab. Muarojambi, M Zakir. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di luar rumah. Saat ini hujan yang terjadi juga disertai angin. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kemungkinan angin puting beliung.
"Masyaakat juga di minta untuk waspada terjadinya angin puting beliung. Untuk orangtua jaga anak-anaknya, jangan main di luar, apalagi di sekitar aliran sungai,"debitnya
Sayangnya dalam kesempatan apel siaga banjir ini belum melibatkan peran serta masyarakat, padahal ada beberapa LSM atau Komunitas yang konsen dibidang lingkungan dan sungai.