Maturitas SPIP Muarojambi Level 2, Sekda M Fadhil Arief: Harusnya Sudah Level 4


Maturitas SPIP Muarojambi. Waktoe/istimewa

Maturitas SPIP Muarojambi. Waktoe/istimewa

JAMBI - Maturitas Sistim Pengawasan Intern Pemerintah menjadi hal penting untuk mengukur tingkat kematangan implementasi sistim pengawasan Intern pemerintah. Kegiatan Maturitas SPIP menjadi hal wajib yang harus dilakukan pemerintah pusat hingga kabupaten, termasuk kabupaten Muarojambi yang melakukannya. Sengeti, 25 Januari.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Muaro Jambi M.Fadhil Arief Menghadiri pertemuan, dalam rangka Penandatanganan kesepakatan bersama, peningkatan level maturitas SPIP atau sistem pengendalian intern pemerintah dengan para Organisasi Perangkat Daerah lingkup pemerintah kabupaten Muarojambi di Aula gedung Inspektorat kabupaten Muaro Jambi.

Kepala Inspektorat Budi Hartono mengatakan saat ini pemerintah kabupaten Muaro Jambi masih berada pada level dua atau pada level Berkembang, Level maturitas SPIP ini ada Enam level yaitu mulai dari Level nol sampai dengan level Lima dengan dilaksanakan pertemuan ini di harapkan 2019 ini kabupaten Muaro Jambi bisa naik ke level tigaatau level devisini terukur dan terkelola dengan meningkatnya level maturitas SPIP ini nantinya akan menjamin pencapaian tujuan organisasi kedepannya.

Ditambahkan, pentingnya Peningkatan level SPIP ini nantinya akan memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui adanya efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program adanya laporan keuangan yang handal, adanya pengamanan aset dan adanya ketaatan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

sekretaris daerah kabupaten Muaro Jambi M.Fadhil Arief sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini sehingga kedepannya dapat memberikan perbaikan kinerja birokrasi di pemerintah kabupaten Muaro Jambi namaun menurut sekda idealnya kabupaten Muaro Jambi ini sudah mencapai level empat mengingat adanya sumber daya yang baik dan memiliki kompetensi yang layak untuk berada pada level empat tersebut.

Sekda juga berpesan kedepannya peningkatan level Maturitas SPIP dari level dua ke level tiga ini agar di jadikan motivasi dan semangat bersama kedepannya bagi para kepala pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Muaro Jambi

Maturitas sendiri mulai berlaku sejak 2016 dimana aparat pengawasan Intern pemerintah (APIP), berkewajiban menilai Maturitas SPIP pada instansi masing masing sesuai RPJMN 2015-2019.

Indikatornya terjadi tingkat kematangan implementasi SPIP dan minimal diwajibkan berada di level 3 dari skala 0-5 pada 2019.

Pedoman pengawasan oleh badan pengawasan kewenangan dan pembangunan sebagai instansi pembina penyelenggara SPIP adalah peraturan kepala BPKP no 4/2016 tentang pedoman penilaian dan strategi peningkatan Maturitas SPIP.