Melawan Covid-19 JCACC Kembali Menggelar Aksi Sosial untuk Masyarakat


Penyerahan bantuan kepada korban terdampak covir-19 oleh JCACC (ist)

Penyerahan bantuan kepada korban terdampak covir-19 oleh JCACC (ist)

Waktoe.com - Masa Pandemi Covid-19 selain merenggut korban jiwa juga mengganggu perekonomian masyarakat di berbagai sektor. Banyak perusahaan dan UKM menutup sementara kegiatannya karena tak sanggup menanggung biaya operasional. Akibatnya banyak pekerja terkena PHK. 

Hal ini pun menjadi perhatian Jogja Chinese Art & Culture Centre (JCACC), masyarakat Tionghoa Yogyakarta bersama dengan IKALPANGULU, Ikatan Koko Cici Jogja, dan Barak Tunas Karya DIY untuk mengadakan aksi sosial yang dilakukan secara tertahap.   

Pada tanggal  18 April 2020, JCACC bersama dengan masyarakat Tionghoa Yogyakarta bekerja sama dengan IKALPANGULU, Ikatan KOCI Jogja dan Barak Tunas Karya DIY kembali mengadakan aksi sosial tahap ke V yaitu dengan membagikan sembako untuk warga yang paling terdampak. Jumlah totalnya ada 1.516 paket sembako terdiri dari beras 5 kg. 

Sembako ini dibagikan ke berbagai daerah di sekitaran Kota Yogyakarta, Ernest Lianggar Kurniawan    perwakilan dari JCACC menuturkan, paket sembako tersebut langsung diberikan kepada Lurah/RT/ RW sebagai perwakilan dan selanjutnya akan disalurkan kepada warga yang paling terdampak. 

"Selanjutnya pada tanggal 19 April 2020 kami membagikan 100 paket sembako, kali ini kami menyasar mbok bakul, serta tukang becak pangkalan. Kami langsung ke lokasi untuk memberikan bantuan paket sembako ini sehingga tidak salah sasaran. Total sembako yang di berikan adalah sebanya 1.616 paket," kata Ernest, Senin (4/5/2020) dalam siaran pers tertulisnya.

"Berbagi kepada orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan, semakin besar cinta kasih yang diberikan maka akan semakin besar pula dampak bagi mereka yang menerima bantuan," tambahnya.

Tercatat sejak tanggal 25 Maret hingga 17 April 2020, JCACC bersama dengan IKALPANGULU, Ikatan KOCI Jogja dan Barak Tunas Karya DIY telah mengadakan aksi sosial tahap I, II, III, IV. Dimana pada tahap I,II,III tercatat telah dibagikan total 13.000 masker, 7.250 Hand Sanitizer, serta 2.000 Poster edukasi ke masyarakat. 

"Dan tahap ke IV telah dibagikan 200 Hazmat , 8 galon Hand Sanitizer, 25 box Masker ke 12 Rumah sakit yang membutuhkan. Tentunya kami mengajak kepada seluruh lapisan untuk saling membantu meringankan sedikit beban masyarakat yang perlu dibantu, walaupun hanya sedikit bantuan yang diberikan tetapi akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menerima bantuan. Kami berharap semoga pandemic Covid-19 ini segera berlalu dan semua kembali pulih seperti semula," pungkas Ernest.