Mengulik Persahabatan Dua Kepala Daerah, Romi - Wello Yang Pernah Berseteru


Warung makan saksi sejarah kesepakatan kerjasama bidang ekonomi antara romi haryanto bupati Tanjab Timur provinsi Jambi dan Alias Wello kabupaten Lingga kepulauan Riau. Waktoe/poll

Warung makan saksi sejarah kesepakatan kerjasama bidang ekonomi antara romi haryanto bupati Tanjab Timur provinsi Jambi dan Alias Wello kabupaten Lingga kepulauan Riau. Waktoe/poll

 

KEPULAUAN RIAU - Sejak pagi setelah sholat subuh, Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto bersama sejumlah stafnya bertolak dari Muarasabak menuju Daik Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan ke Lingga itu sebagai balasan atas kehadiran bupati Lingga Alias Wello saat HUT Kabupaten Tanjabtim 21 Oktober lalu.

Saat itu Wello juga datang dengan sejumlah pejabat daerahnya.

Kedua bupati ini diketahui memang bersahabat. Persahabatan itu bermula ketika Romi pertama kali berinisiatif bersilaturrahmi ke Lingga 2017 silam.

Saat itu, kunjungan tersebut adalah kunjungan diplomasi pasca lepasnya pulau Berhala dari Jambi ke Kepulauan Riau. Lingga adalah kabupaten paling timur Kepri yang berbatasan langsung dengan Tanjabtim dimana pulau berhala berada.

Gayung bersambut, rencana pengelolaan bersama pulau Berhala pun akhirnya disambut baik Lingga. Bupati Wello bahkan menyambut baik pula rencana kerjasama antar daerah di berbagai sektor. Kedua bupati itu sepakat bahwa kemajuan masing - masing daerah bisa lebih efektif dengan saling bekerjasama. Selain kultur yang serumpun, potensi kedua daerah juga saling mendukung. Misalnya, kedua daerah sama - sama kaya potensi kelautan perikanan. Pun perkebunan dan pertanian.

Bedanya, Tanjabtim daerah rawa gambut sedangkan Lingga daerah kepualauan. Jarak tempuh kedua pusat pemerintahan bisa ditempuh hanya dalam waktu dua setengah jam menggunakan speedboat.

Lalu bagaimana bisa dua bupati berbeda Provinsi dan bahkan pernah berseteru itu bisa akrab?. Ternyata ada kesamaan karakter keduanya. Mereka sama - sama low profile. Merakyat dan non protokoler. Saat bertemu kerap keduanya saling berkelakar sebagaimana warga biasa. Begitu pula terhadap para stafnya.

Hari ini, Rabu (20/11), keduanya kembali memperlihatkan keakraban itu. Saat paripurna HUT Lingga ke-16, Alias Wello yang menyampaikan sambutannya tak henti - henti memuji bupati Romi.

Ia menyebut Romi adalah figur pemimpin yang merakyat namun berkarakter kuat. “Beliau ini sangat didukung masyarakatnya. Kita harus banyak belajar dengan beliau. Anak muda berkarakter kuat,”ucap Wello di hadapan gubernur Kepri dan undangan HUT.

Malam harinya, Alias Wello berencana menjamu rombongan Romi di gedung daerah sekaligus rapat teknis pemantapan kerjasama. Namun Romi meminta rencana itu dibatalkan dan rapat pemantapan kerjasama dilaksanakan tanggal 24 November 2019 saja.

Kebetulan rombongan Tanjabtim bersama DPRD Tanjabtim ada rencana ke Lingga lagi menghadiri peresmian sejumlah sentra industri komoditi pertanian dan perikanan oleh kepala KSP Muldoko.

Selain itu, Romi berencana membawa para stafnya makan malam di warung ikan Momoy.  Warung makan sederhana di bilangan pasar Daboksingkep. Wello tak kuasa memaksa, ia tahu betul karakter sahabatnya itu.

Wello pun menyusul ke Momoy. Romi yang tak menyangka disusul sempat terkejut dengan kedatangan Wello yang membawa para pejabatnya. Mulai kepala Bappeda, Kadis Perhubungan, Kadis Perikanan, Kadis Pertanian, hingga direktur BUMD.

Rapat pemantapan kerjasama pun akhirnya digelar juga di warung itu. Berlangsung sekitar satu jam, meski santai, isi pembicaraan cukup serius.

Namun bukan Wello dan Romi namanya kalau tidak saling berkelakar. Keduanya lebih banyak terlihat tertawa lepas saat saling mencandai. Baik Wello maupun Romi juga tampak tak berbatas dengan para stafnya. Pertemuan tampak begitu cair.

Romi maupun Wello memang saling mengunjungi. Satu ketika Wello mengajak Romi ke kebun belimbing dan pisangnya di Dabok, begitu pun saat Wello ke Muarasabak, Romi mengajaknya berkeliling melihat kebun kelapa, pinang dan kopi. Mereka bertukar informasi tentang berbagai komoditas rakyat.

Keduanya juga sering bertelepon saat sama - sama menghadiri acara di luar daerah. Keduanya bahkan juga diketahui sama - sama dekat dengan Muldoko Kepala Staf Kepresidenan yang juga ketua HKTI.

Beberapa kali mereka bersilaturrahmi ke kediaman Muldoko atau ke kantor KSP.