Olahraga di KONI, Usman Ermulan: Kadang sampai Berkeringat di Kebun


Usman Ermulan

Usman Ermulan

Jambi - Di usia yang tak muda lagi, Mantan Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Usman Ermulan masih memiliki tubuh yang fit dan bugar. Usman terlihat olahraga pagi di lapangan Tri Lomba Juang, KONI Jambi, berada di kawasan Pasar Kota Jambi pada Minggu (15/9) pagi.

Pantauan dilapangan, Usman mengenakan topi, kaos berwarna putih, celana berwarna biru, dan bersepatu putih. Sementara Istrinya yang mengenakan jilbab itu, Esrita, mengenakan kaos putih dengan celana hitam. Usman terlihat dengan beberapa orang lainnya berjalan santai mengelilingi lapangan stadion tersebut dan tampak berbincang. Namun tidak diketahui apa isi perbincangan tersebut.

Sementara itu, warga dan para atlet yang sedang latihan yang ada disitu bersalaman maupun foto dengan Usman. Pada kesempatan itu, mereka juga memanfaatkan kesempatan untuk berbincang bersama Usman. Ketika ditanya apa olahraga kesukaan Usman, Usman pun menjawab ia melakukan beberapa olahraga diantaranya bela diri Judo dan Bola Voli.

"Olahraga pagi adalah kebiasaan yang sering saya lakukan. Terkadang menyempatkan diri dengan berolahraga saat sedang berada di kebun berjalan sampai keringatan, setelah itu mandi habis itu baru pulang," kata pria kelahiran Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat, 17 Mei 1951 itu.

Pada kesempatan itu, Usman juga mengajak kepada masyarakat khususnya bagi kaum milenial untuk rutin berolahraga secara teratur, misalnya 30 menit lima kali dalam seminggu. Ini bermanfaat untuk mencegah penyakit dan membuat tubuh lebih bugar. Kemudian menghindari kebiasan tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup serta menjalani pola makan, dan gemar mengonsumsi buah-buahan.

"Alasannya pun sederhana, agar tubuh mendapatkan kebutuhan yang layak. Perilaku hidup sehat harus dimulai dari diri pribadi dan lingkungan keluarga. Dari pola makan, aktivitas olahraga dan menghindari hal yang beresiko bagi kesehatan," ujar Usman.

Menurut Usman, ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti siapapun. Kuncinya ada niat dan kemauan keras untuk berkomitmen melakoninya.

"Disamping itu sarana dan prasarana olahraga juga harus terus diperhatikan oleh pemerintah," kata Usman, yang juga Ketua HKTI Provinsi Jambi itu.

Untuk diketahui, Usman adalah sosok punya kans yang pantas melenggang sebagai Gubernur Jambi karena matang memiliki segudang prestasi dan pengalaman karir di politik. Ia pun mengatakan ada dorongan kuat partai maupun masyarakat agar maju pada Pilgub 2020 mendatang.

Dorongan ini melihat rekam jejak dan kinerja sebagai pertimbangan utama. Dinilai menguasai tata kelola pemerintahan dan pengelolaan meningkatkan perekonomian. Selain itu, dikenal pribadi yang merangkul. Bahkan selama menjabat yang tak pernah tersandung dari korupsi dan bersih dari sifat zalim.

Usman pernah sebagai Anggota DPR RI periode 1992-1997, 1997-1999, dan 1999-2004, Staf Khusus Menteri Negara/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI sampai menjadi Bupati Tanjung Jabung Barat periode 2001-2006 dan periode 2011-2016. Ia pun aktif memimpin sejumlah organisasi diikuti dan dijalaninya.