Peduli Akan Kesehatan Mata, Widjanarko Center Akan Mengadakan Operasi Katarak Gratis


Pimpinan Widjanarko Center, Marsda TNI (Purn) Dr Benedictus Widjanarko saat menjelaskan rencana pelaksanaan operasi mata katarak gratis, Sabtu (16/3/2019) (Foto : Baim/Waktoe.com)

Pimpinan Widjanarko Center, Marsda TNI (Purn) Dr Benedictus Widjanarko saat menjelaskan rencana pelaksanaan operasi mata katarak gratis, Sabtu (16/3/2019) (Foto : Baim/Waktoe.com)

Waktoe.com - Dalam rangka membebaskan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari penyakit mata katarak, Widjanarko Center yang merupakan lembaga sosial perorangan bergerak di bidang kemanusiaan dan sosial bersama PT Sido Muncul akan mengadakan operasi katarak gratis pada hari Minggu, 7 April 2019 bertempat di RSUD Sleman.

"Operasi katarak gratis ini dilakukan sebagai bentuk wujud kepedulian Widjanarko Center bekerjasama dengan PT Sido Muncul," ujar Pimpinan Widjanarko Center, Marsda TNI (Purn) Dr Benedictus Widjanarko, M.Si, Sabtu (16/3/2019).

Sedangkan untuk pelaksanaannya diprakarsai oleh Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta dan Poli Mata RSUD Sleman sebagai tempat operasi katarak.

Ditambahkan Widjanarko, dengan diselengarakannya operasi katarak ini, pihaknya ingin agar warga Daerah Istimewa Yogyakarta bebas dari penyakit katarak. "Minimal dapat mengurangi penderita penyakit mata katarak," tandasnya.

Pada kegiatan operasi katarak yang akan dilaksanakan tanggal 7 April 2019 mendatang, Widjanarko Center bersama Perdami menargetkan 100 mata yang akan dioperasi. 

Untuk itu lanjut Widjanarko, bagi warga masyarakat yang ingin mengikuti operasi katarak gratis ini, bisa mendaftarkan dirinya di Posko Widjanarko Center Jl Ireda No 82 Keparakan Kidul, Mergangsan, Yogyakarta. Atau bisa langsung ke RSUD Sleman Jl Bhayangkara No 48 Temulawak, Triharjo, Sleman.

"Untuk pendaftaran selain nanti akan mengisi formulir, para calon peserta juga diwajibkan membawa fotocopy KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW setempat," terangnya.

Untuk itu, diperlukan peran-serta masyarakat agar bisa mendaftarkan kerabat, teman, ataupun keluarganya yang terjangkit penyakit mata katarak supaya bisa mengikuti operasi gratis.

"Nantinya, seluruh peserta yang sudah mendaftar akan dilakukan pengecekan (screening) oleh pihak RSUD Sleman pada satu hari sebelum pelaksanaan operasi katarak tersebut," pungkasnya.