Persiapkan KBM Di Masa Pandemi Covid-19, Junaidi Rahmat: Awal Oktober Kita Mulai


Junaidi Rahmat kepala dinas Pendidikan kabupaten Tanjung Jabung Timur. Waktoe | dok

Junaidi Rahmat kepala dinas Pendidikan kabupaten Tanjung Jabung Timur. Waktoe | dok

JAMBI - Dunia pendidikan menjadi salah satu lembaga yang mendapat perhatian serius dalam rangka pemulihan kondisi pembelajaran. Untuk daerah kategori zona hijau pandemi covid-19, seperti kabupaten Tanjung Jabung Timur provinsi Jambi mulai mempersiapkan pembelajaran tatap muka. Tanjab Timur, Kamis 6 Agustus.

Disampaikan Junaidi Rahmat Kadis Pendidikan Tanjab Timur kepada Kantor berita waktoe,  Sesuai dengan surat edaran gugus tugas kabupaten peta resiko kabupaten Tanjabtim sudah zonasi hijau, dan sesuai dengan keputusan bersama 4 Menteri, peraturan bupati nomor 38 tahun 2020, sk bupati nomor 427 tahun 2020, tentang SOP Pembelajaran Tatap muka, untuk SMA dan sederajat, dan SMP  sederajat sudah di perbolehkan pembelajaran tatap muka.

"Kita  selanjutnya akan lakukan evaluasi 2 bulan, bila aman, maka SD dan sederajat sekitar akhir bulan September/awal Oktober 2020 untuk melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tatap muka juga, dan akan dievaluasi 2 bulan," Jelasnya.

Ditambahkan Junaidi Rahmat, Sementara untuk  KBM tatap muka PAUD sekitar Desember atau awal 2021.

Untuk KBM tatap muka tetap mengikuti protokol kesehatan dengan ketat serta ijin dari orang tua baik yang diperbolehkan KBM tatap muka maupun yang tidak diijinkan akan dilayani dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dari guru sekolah masing-masing.

Untuk rombel yang besar dengan sistem shift, max 50% dari kapasitas normal, sedangkan penyediaan masker dari orang tua siswa masing-masing, ada juga yang dianggarkan dari dana BOS  (Bantuan Operasional Sekolah) sesuai kemampuan sekolah.

PJJ yg daring silahkan dibantu kuota dari dana BOS,  sesuai kemampuan sekolah, yang luring dengan penugasan dari sekolah.