Pilkada Tanjab Timur, Petahana Akan Tempuh Jalur Perseorangan


Nurkholis ketua KPUD Tanjung Jabung Timur. Waktoe/ihsan

Nurkholis ketua KPUD Tanjung Jabung Timur. Waktoe/ihsan

JAMBI - Dinamika politik di kabupaten Tanjung Jabung Timur digegerkan dengan munculnya surat mandat yang ditandatangani Romi Haryanto dan Robby Nahliansyah kepada Darwis sebagai Liaison Officer (LO) atau petugas penghubung di KPUD atasnama pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan dalam Pilkada Tanjab Timur 2020 mendatang. Tanjab Timur, 9 Januari.

Penyerahaan surat mandat sebagai LO dari Romi Haryanto - Robby Nahliansyah kepada Darwis sebagai operator silon diserahkan oleh Roni (8/01) ke KPUD Tanjung Jabung Timur.

Hal ini disampaikan oleh pejabat sekretariat KPUD Tanjab Timur kepada kantor berita waktoe, yang membenarkan adanya penyerahan surat mandat atas nama  Darwis, dan yang tandatangan disitu pasangan Romi - Robby sebagai pasangan balon perseorangan.

Nurkholis, Ketua KPUD Tanjab Timur menyampaikan, tahapan pilkada saat ini adalah penyampaian berkas persyaratan bagi calon perseorangan. Dan, saat ini baru ada satu orang yang menyerahkan berkas surat mandat.

Surat mandat LO atas nama Darwis, ditandatangani dari bakal calon perseorangan atas nama Romi Haryanto dan Robby Nahliansyah.

Terkait dengan balon dari perseorangan ini nanti akan menyerahkan dokumen kelengkapan berupa surat dukungan (form) yang bisa diunduh dilaman KPU dilampiri foto copy KTP.

"Penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon mulai 19-23 Februari, dilanjutkan verifikasi administrasi dan kegandaan dukungan dijadwalkan sampai 25 Maret", ungkapnya.

Nurkholis, Kata Ketua KPU Tanjab Timur, mengatakan tahapan berikutnya verifikasi faktual dan ada peluang perbaikan perbaikan. Setelah lengkap baru dilakukan pendaftaran bakal calon di 16-18 Juni namun penetapannya di 8 Juli 2020.

Saat disinggung apakah dimungkinkan mendaftar melalui perseorangan dan partai, ketua KPU mengatakan jika akhirnya diusung oleh partai maka jalur perseorangan otomatis gugur.

"Tahapan tahapan pilkada 2020 diatur dalam Peraturan KPU RI no 16/2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gub/wagib, bupati/wabup, walikota/wawali", pungkasnya.

Sementara itu, A.Bakri ketua DPW PAN provinsi Jambi saat dihubungi melalui selulernya mengatakan belum mengetahui bupati Romi Haryanto dan wabup Robby Nahliansyah akan menempuh jalur perseorangan dalam pilkada 2020.

"Kami tidak tahu soal itu ya, dan kami juga tidak berani berandai andai", ujarnya.

Kata A Bakri, kita belum bisa memastikan apakah beliau akan memakai jalur independent atau tidak, tetapi yang jelas beliau kader kita (PAN, red).

Saat dipertanyakan apakah terjadi keretakan, A.Bakri menjawab " Tidak ada friksi, nggak, nggak kita baik kok, kita ngobrol makan makan minum bersama tidak ada masalah".

"Yang jelas dia pernah menyampaikan sampai dengan hari ini akan maju bupati disana  menggunakan partai PAN, jika ada issu terkait dengan beliau itu sah sah saja, karena semuanya itu belum pasti ya", pungkasnya.

Berbeda dengan Mahrup ketua DPRD kab. Tanjung Jabung Timur yang juga fungsionaris partai DPD PAN saat dihubungi tidak bersedia memberikan komentarnya. "Mhn maaf saudaraku belum bisa berkomentar...", tulisnya dipesan whatshapp.