Pilkades Serentak Kab. Tanjab Timur, Kapolres AKBP Agus DS: Kami Siap Kawal Dan Amankan


Kapolres Tanjab Timur AKBP Agus Desri Sandi. Waktoe/ihsan Abdulah

Kapolres Tanjab Timur AKBP Agus Desri Sandi. Waktoe/ihsan Abdulah

JAMBI - Dalam rangka pengamanan Pilkades serentak yang akan digelar 20 Nopember mendatang Polres Tanjung Jabung Timur gelar apel persiapan personil dan koordinasi pengamanan (18/11) dihalaman Mapolres.

Apel dan koordinasi pasukan (Senin, 18/11) dalam rangka mengatur sisi keamanan menghadapi Pilkades Serentak Gelombang II tahun 2019 dipimpin langsung Kapolres AKBP Agus Desri Sandi.

Kapolres AKBP Agus Desri Sandi kepada kantor berita waktoe menyampaikan peran polres sendiri lebih kepada sisi pengamanan pilkades. Kegiatan yang dilakukan masyarakat tentu bisa berpotensi menimbulkan masalah gejolak dan berpontensi konflik.

Kata Kapolres, Guna kepolisian hadir dalam  pelaksanaan Pilkades  agar berlangsung aman dan sejuk tidak ada ekses yang ditimbulkan.

Kami melakukan pengaman lokasi pemilihan, mengawal kota suara sampai di TPS, pengamanan pelaksanaan pencoblosan hingga pengamanan kotak suara kembali lagi. Disamping keamanan - keamanan secara menyeluruh.

Maka kami dalam pengamanan akan menerjunkan 230 personil dari Polres dan tabahan  dari Polda 1 pleton Sabhara dan 1 pleton dari Brimob. Masih juga ditambah keamanan dari instansi terkait dari TNI dan pemerintah.

Saat disinggug kondisi geografis apakah berpengaruh dalam pengamanan, Kapolres mengatakan kondisi geografis bukan menjadi kendala bagi pengamanan kita,  memang di beberapa tempat akses kesana melalui transportasi air seperti di kecamatan Mendahara Ilir, tetapi lokasi sebagai potensi yang harus di amankan.

Melihat Pilkades serentak ini potensi gejolak ada. Di dua atau tiga titik, tetapi pengamanan yang dilaksanakan tentu kerjasama dengan stakeholder yang ada termasuk masyarakat itu sendiri.

Saat disinggung adanya permainan money politik, Kepolres AKBP Agus DS juga  menyampaikan sementara belum ada laporan money politik.

Pilkades ditangani di pemerintahan, maka jika ada laporan money politik, disampaikan ke panitia dan pengawasan yang sudah terbentuk di desa tersebut,  jika terjadi  keributan penegakan hukum yang berjalan.

Maka kami selalu menyampaikan agar personil Polri berlaku independent dan  stakeholder juga berperan sesuai tupoksi masing masing.

Diketahui, Deklarasi damai pilkades serentak dilakukan di Mapolres Tanjung Jabung Timur (6/11) diikuti  oleh seluruh calon kepala desa yang melakukan pilkades.

Ada beberapa point yang disepakati bersama oleh para calon kepala desa dengan tujuan Pilkades tanpa ekses, siap menang dan siap kalah.

Kesepakatan yang tertuang dalam pakta integritas ditandatangani oleh cakades dan diikuti juga tandatangan dari Bupati, Kapolres, Dan Penghubung, Kejari, Pengadilan Negeri  dan beberapa OPD yang terkait.

Deklarasi damai yang dibalut dalam acara Focus Group Discution (FGD) ini dihadiri langsung bupati Romi Haryanto berikut Forkompinda Tanjung Jabung Timur.

FGD  dibuka dan dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjab Timur Akbp Agus Desri Sandi, SIK, MM  bahwasanya FGD ini guna menyatukan persamaan persepsi dan meminimalisir situasi yang tidak diinginkan dalam rangka Pilkades Serentak 2019.

Saat itu bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto, SE menyampaikan  terimakasih kepada Polres Tanjab Timur untuk menciptakan pilkades serentak 2019 yang strategis yang sejuk, aman dan damai.