Sekda Lepas 16 Kafilah asal Jambi ke Pontianak


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto menginginkan agar kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) asal Provinsi Jambi bisa mengharumkan nama daerahnya, yakni dengan menorehkan prestasi terbaik yang bisa membanggakan Provinsi Jambi.

Provinsi Jambi mengirimkan sebanyak 16 orang kafilah, terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri pada STQ Nasional ke XXV Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat mulai dari 27 Juni hingga 6 Juli 2019.

“Penyelenggaraan STQ Nasional sendiri bertujuan untuk mencari bibit unggul yang akan menjadi perwakilan Indonesia, guna diikutkan dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional. Semoga ada kafilah yang mewakili Provinsi Jambi untuk ikut pada MTQ Internasional, sehingga dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi,” ujar Dianto, dalam Pelepasan Kafilah STQ Nasional ke-XXV yang akan diselenggarakan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (26/6).

Ia mengungkapkan, STQ Nasional merupakan salah satu momentum untuk membumikan Al Quran dan membangkitkan kembali semangat masyarakat agar mau membaca, memahami dan mentadabburi ayat-ayat suci Al Quran, sehingga masyarakat bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita mengharapkan melalui STQ Nasional, masyarakat dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran pada kehidupan sehari-hari, sesuai dengan tema STQ Nasional Tahun 2019, yaitu implementasi nilai-nilai Al Quran untuk kehidupan berbangsa dan bernegara yang religius, rukun dan damai,” katanya.

Menurutnya, seluruh masyarakat Jambi memberikan amanah dan harapan kepada 16 orang kafilah yang nantinya akan mengikuti STQ Nasional. Janganlah amanah dan harapan tersebut menjadi beban, sehingga kepercayaan diri para kafilah menjadi lemah, tapi jadikanlah sebagai kepercayaan diri dan sebagai suatu kehormatan yang harus diperjuangkan dan dipertahankan.

"Para kafilah untuk selalu menjaga kesehatan selama mengikuti STQ Nasional di Pontianak, baik itu menjaga pola makan maupun pola tidur, dan mematuhi arahan dari pembimbing, serta para pembimbing juga harus memperhatikan anak didiknya selama mengikuti STQ Nasional,” kata Dianto.

Pimpinan Kafilah STQ Nasional, Apani Saharudin mengatakan, 16 orang kafilah terpilih yang menjadi perwakilan Provinsi Jambi ini adalah kafilah terbaik di bidangnya. Semoga para kafilah ini dapat memberikan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama Provinsi Jambi di kancah nasional, karena sebelumnya para kafilah telah mengikuti training sebanyak 3 tahap.

“Para kafilah ini akan mengikuti semua cabang pada STQ Nasional ke XXV Tahun 2019, yaitu cabang tilawah Al Quran terdiri dari golongan anak-anak dan golongan dewasa, cabang hifzh Al Quran terdiri dari golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, golongan 20 juz golongan 30 juz dan yang terakhir adalah cabang tafsir Al Quran yang terdiri dari golongan bahasa arab,” kata Apani.

Tags