SMK Leonardo Sampaikan Pewartaan Cinta Lingkungan Dalam Milad ke 40


Waktoe.com - KLATEN, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Leonardo Klaten mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Milad sekolah ke - 40, Sabtu (22/07). Dalam acara tersebut diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan yakni mengadakan bersih sungai pada tujuh titik tempat, Bersih Makam diarea Sekolah, Bhakti sosial berupa pengobatan gratis dan bagi-bagi sembako. Pada kegiatan awal sudah dilakukan reuni akbar bagi para alumni SMK Leonardo yang telah dilaksanakan pada Tanggal 23 Bulan Juni kemarin.

Kepala Sekolah SMK Leonardo Bruder Purwanto melalui WKS Kesiswaan Pius Joko Pranoto ketika dikonfirmasi waktoe.com di ruangan kerjanya, Sabtu (22/7) mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan event tahunan yang terselenggara berkat kerjasama para siswa dan pihak sekolah serta Yayasan Budi Mulia.

"Sabtu bersih dengan membersihkan sungai ada tujuh titik, hal itu kami lakukan dalam rangka membantu Pemda dalam gerakan bersih sungai, dan juga pewartaan dari kami kebetulan umat Kristiani ada anjuran dari Keuskupan Agung Semarang agar semakin mencintai dan menjaga lingkungan, kemudian untuk bhakti sosial berupa pengobatan gratis serta bagi-bagi sembako kami prioritaskan untuk warga Sekarsuli yang kurang mampu, kami bekerja sama dengan Yayasan Budi Mulia dan Rumah Sakit Elizabeth Semarang", Terang Joko.

Lebih lanjut untuk gelaran puncak acara dilaksanakan pada Tanggal 15 Agutus 2017 yakni dengan gelaran perayaan syukur ekaristi bersama. Dalam keteranganya, di tempat yang sama Guru pembimbing Neti Kuswandari menambahkan bahwa dihari puncak acara pihak sekolah juga akan mengadakan kunjungan kepada para karyawan yang sudah purna tugas, sebab menurutnya itu merupakan kultur yang diwarisi secara turun-temurun.

"Kita punya kultur untuk kunjungan bagi yang sudah purna tugas, jadi semua Bapak/Ibu karyawan yang pernah mengabdi di SMK Leonardo kita sowani sambil ngangsu kawruh pengalaman mereka. dalam waktu yang sama kami juga mengadakan kunjungan ke makam-makam  pendahulu dengan mengajak para siswa, hal itu kami lakukan agar mereka memahami bahwa nanti juga akan seperti itu, diharapkan juga akan berbakti pada leluhur, nilai edukasi yang bisa diambil bukan pemujaan melainkan memahami serta hormat pada pendahulu kita yakni para leluhur", Terang Neti.

Terkait kegiatan Bhakti sosial berupa bagi- bagi sembako akan dilaksanakan bersamaan  dengan pengobatan gratis."Anak-anak OSIS yang mengumpulkan sembako dibagikan saat pengobatan gratis, itu murni kepedulian dari siswa. Kita bekerja sama dengan RT, RW dan Kelurahan Sekarsuli. bagi orang tua siswa yang kurang mampu kita  juga peduli, kita juga akan berikan itu, jadi selain warga sekitar kita juga memberikan bagi warga sekolah", Pungkasnya.

Lebih lanjut dalam gelaran puncak acara Tanggal 15 Agustus 2017 akan dimeriahkan oleh pentas seni dengan mengundang Band dari Jogja, serta aksi terjun payung dari Paskhas AU Maguwo Yogjakarta.

SMK Leonardo Klaten sebuah lembaga Kejuruan Tehnik didirikan pada Tanggal 15 Agustus 1977 atas prakarsa dan keberpihakan Biarawan Kongregasi FIC yaitu Almarhum Bruder Leonardo yang kemudian namanya di abadikan sebagai nama Sekolah. Pada awalnya pendirian Lembaga Pendidikan kejuruan teknik ini di sponsori sebuah Lembaga pemerhati pendidikan dari Belanda, dan saat ini berada dalam naungan Yayasan Pangudi Luhur yang berpusat di Semarang.

Tags