Tim Satgas Saber Pungli Kota Yogyakarta Gelar Sosialisasi Pencegahan Pungli


Sosialisasi dan Tatap Muka Tim Satgas Saber Pungli Kota Yogyakarta di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rabu (21/11). Foto : Ch. Dewi Ratih. KPS | waktoe.com

Sosialisasi dan Tatap Muka Tim Satgas Saber Pungli Kota Yogyakarta di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rabu (21/11). Foto : Ch. Dewi Ratih. KPS | waktoe.com

Waktoe.com - Tim Satgas Saber Pungli Kota Yogyakarta melakukan Sosialisasi dan Tatap Muka bagi Kepala Sekolah dan Komite seluruh SMP di Kota Yogyakarta di Ruang Truntum Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, pada Rabu (21/11).

Seperti yang diketahui, pendidikan merupakan salah satu sektor penting karena menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara. Pendidikan juga merupakan institusi pembentukan karakter bangsa. Oleh karena itu terlaksananya kegiatan Sosialisasi dan Tatap Muka Satuan Tugas Saber Pungli dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Bidang Pendidikan Tahun 2018 diharapkan mampu terlaksana dengan lancar.

Kegiatan ini berdasarkan keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2016 tentang Kelompok Kerja dan Sekretariat Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Termasuk Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 127/TIM/2016 tanggal 1 November 2016 tentang pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Daerah istimewa Yogyakarta. Yang dikukuhkan oleh PS. Walikota Yogyakarta pada hari selasa, tanggal 6 Desember 2016, berdasarkan Walikota Yogyakarta dengan Nomor 511 Tahun 2016 pada tanggal 5 Desember 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Yogyakarta maka pungli harus diberantas tuntas.

Dalam kegiatan pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak hanya menjadi prioritas bagi Pemerintah Republik Indonesia namun juga menjadi agenda penting Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangka mencapai salah satu Misi pembangunan tahun 2017 – 2022 yaitu, “Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih”.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengungkapkan Pemerintah Kota Yogyakarta telah menempuh berbagai usaha untuk mencegah dan memberantas tindak korupsi di bidang pendidikan di antaranya melalui kerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik Kepolisian, Kejaksanaan, dan Inspektorat. "Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama dan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mencegah budaya koruptif khususnya di ranah pendidikan," ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah dan Sekolah khususnya di Kota Yogyakarta untuk menyatukan komitmen, menyamakan Visi serta menyelaraskan program pencegahan korupsi. "Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, dapat terpetakan berbagai potensi penyimpangan terkait dana anggaran pendidikan serta program pencegahan yang telah dilakukan oleh stakeholders terkait," terangnya.

Selain itu, diharapkan pula terinformasikan perkembangan terbaru terkait isu penggunaan dana di bidang pendidikan serta terbangun komitmen bersama untuk memerangi korupsi di sektor pendidikan.

"Melalui sosialisasi ini kami ingin menekankan betul kepada para pendidik bahwa bahwa besarnya dana pendidikan yang diterima mengandung konsekuensi dan tanggung jawab yang besar pula, ”a great power comes great responsibility”. Sehingga pemanfaatan dana yang besar harus dijalankan tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum kedepannya," katanya.