Usman Ermulan: Perlu Pelabuhan Muara Sabak Membantu Talang Duku


Isimewa/Dan

Isimewa/Dan

Jambi - Mantan Bupati Tanjung Jabung Barat, Usman Ermulan mendukung dan mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung.

Pelabuhan ini dibangun di atas lahan seluas 4.200 hektare dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2021. Kawasan tersebut juga sudah tetapkan sebagai kawasan strategis melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jambi.

Pelabuhan Ujung Jabung itu digadang-gadang menjadi kawasan ekonomi terpadu yang dapat menopang ekonomi strategis daerah berupa pertanian, perkebunan dan pertambangan dan migas.

"Dalam pelaksanaannya memerlukan waktu panjang, karena daerah gambut dan lumpur misalnya untuk membangun jalan tidak bisa di timbun begitu saja. Menjelang pembangunan Ujung Jabung selesai, perlu adanya pelabuhan penyangga untuk membantu pelabuhan Talang Duku sekarang, yakni di Muara Sabak Tanjung Jabung Timur," kata Usman usai menjadi narasumber pada acara Kadin di Swissbell Hotel Jambi, Selasa malam 7 Januari 2020.

Usman meyakini ini akan semakin berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan menyerap banyaknya tenaga kerja di Jambi.

"Kalau perlu ekspor CPO tidak perlu lagi dari Dumai, langsung dari Jambi. Bisa 5ribu sampai 10 ribu ton melalui pelabuhan Muara Sabak ke luar negeri, Singapore ke Thailand," kata eks Anggota DPR RI Komisi Keuangan dan Perbankan itu 

Untuk diketahui, Usman dikenal sosok yang memiliki gaya kepemimpinan dan pola pemikiran berbeda dari pada lainnya dalam membangun negeri. Hal ini juga diakui Politisi Indonesia, Martin Hutabarat yang mendukung langkah Usman Ermulan maju ke Pemilihan Gubernur Jambi 2020. Eks Anggota DPR RI dapil Sumatra Utara ini mengungkapkan Indonesia butuh orang seperti Usman yang tidak pendusta dan tidak korupsi. 

Sebagai rekan kerja dan teman saat menjadi Anggota DPR RI, Martin mengenal mantan Anggota DPR RI tiga periode Komisi Perbankan dan Keuangan itu sebagai sosok yang memiliki semangat kerja tinggi, idealisnya sangat konsisten untuk membuat pemerintahan bersih dan berani melawan demi sebuah kebenaran serta penuh tanggung jawab.

"Pemikirannya dari dulu adalah membangun dengan melihat dari bawah. Rakyatnya diberdayakan sehingga bisa sejahtera," kata Martin.

Ketua HKTI Provinsi Jambi itu telah membuktikan keseriusannya mengikuti kontestasi yang akan digelar pada September 2020 mendatang. Dukungan semakin hari terus mengalir. Usman dianggap memiliki konsep yang tepat menyejahterakan masyarakat. Usman menyadari masyarakat di Provinsi Jambi masih ketergantungan dari kelapa sawit dan karet.

"Kita doakan mudah-mudahan terpilih, pesan saya jangan berhenti idealisnya. Dia dari dulu tahu, kalau jabatan sebuah pengabdian dan saya percaya dia bisa memberikan pengabdian yang terbaik," kata Martin, belum lama ini.

Tags