Wabup BBS Pimpin Langsung Test Urin Bagi ASN, Ini Hasilnya


Wabup Bambang Bayu Suseno. Waktoe/ihsan abdulah

Wabup Bambang Bayu Suseno. Waktoe/ihsan abdulah


JAMBI - Test Urin dadakan mengagetkan pegawai negeri sipil dilingkup sekretariat daerah kabupaten Muaro Jambi. Muaro Jambi, 17 Juni.

Pagi itu sebelum dilakukan test urin, diawali dengan apel pagi, dari data yang didapatkan dari 225 jumlah ASN di lingkup Sekda, diperkirakan sekitar 5 persen (18 ASN, red) tidak hadir.
Sisanya sejumlah 207 orang ternyata tidak semuanya melakukan test urin.
Dari daftar absensi test urin atau yang menyerahkan sample urin hanya 120 orang. Jadi diperkirakan sekitar 87 orang tidak melakukan test urin, namun belum diketahui penyebabnya.

Bambang Bayu Suseno ketua BNK Muaro Jambi yang juga sebagai wakil Bupati dihadapan awak mengatakan, Hari ini kita lakukan test urin dalam rangka pengecekan narkotika.

Pengecekan hari ini dilakukan secara dadakan, kita lakukan Insyaallah akan menjadi perhatian kita karena dari 225 ASN di sekda yang tidak hadir lebih kurang 5 persen (18 orang, red) 

"Yang sedang berjalan saat ini nanti kita evaluasi dan nanti hasilnya akan kita laporkan kepada Ibu Bupati", tegasnya.

Terkait hal-hal yang memang nanti akan kita sesuaikan dengan peraturan,  kegiatan ini menjadi bagian penting kita untuk komitmen pemberantasan narkoba di pemda.

"Sekarang test urin dalam proses dan tentu ada tahapan-tahapan yang pasti kita lakukan mudahan ke depan tidak ada yang teridentifikasi positif tetapi jika itu ada kita akan lakukan selanjutnya sesuai dengan aturan-aturan berlaku" ujarnya.

Upaya yang dapat kita terapkan dalam tes urine diharapkan  semuanya yang hadir melakukan tes urine yang bisa dilihat sama sama nanti hasilnya.

Saat ditanyakan ada yang sudah absensi  tetapi tidak melakukan test urin, Wabup BBS membenarkan  ada beberapa nama yang telah menuliskan di absensi tapi tidak melakukan atau menyerahkan sample urine.

Bambang menyebutkan bahwa ada 225 yang terdaftar di sekretariat daerah ternyata ada yang 5% yang tidak hadir itu akan kita lakukan test berikutnya.

Ditambahkan, Test belum selesai nanti akan kita panggil jika terbukti nanti akan ada proses tahapan-tahapan ada kewenangan-kewenangan yang tentu hari ini sebagai komitmen kita untuk melakukan pencegahan dan kemudian komitmen kita untuk mempersiapkan sumber daya manusia kita terutama dari kita sendiri dari internal Pemda agar tidak terimbas penyalahgunaan narkoba.

"Ini menjadi bagian penting dalam pencegahan kita terhadap bahaya narkotika", pungkasnya.

Berbeda dengan data dari bagian organisasi Setda Muaro Jambi.  Ardiansyah A Zukri kabag organisasi setda Muaro Jambi menyampaikan jumlah ASN  terdiri dari PNS 157 orang, honorer sekretariat 77 orang total  234 orang. Namun absensi yang ada di organisasi 177 orang semua ikut test urin, ditambah 5 orang di rumdin bupati, ditambah 7 orang (sekda, para asisten dan para staff ahli, red). Jadi total yang ikut test urin ada  189 orang.