_

Pjs Wako Jambi Berpesan ASN Tak Rugikan Paslon

HNCK8306-730x487

M. Fauzi/net

JAMBI- Masa kepemimpinan Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Jambi M. Fauzi telah berakhir atau purna tugas, Sabtu 23 Juni 2018. M. Fauzi berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintahan Kota Jambi menjaga netralitas dalam pemilihan Walikota Jambi.

Dalam peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004, PP 52 tahun 2010, Surat Edaran Menpan RB, Surat Edaran Mendagri. Aturan tersebut dengan jelas-jelas melarang adanya ASN ikut terlibat dalam aksi dukung-mendukung bakal calon kepala daerah. Sanksinya tegas, berupa hukuman disiplin. Dari hukuman disiplin memiliki tiga tingkatan, yakni ringan, sedang dan berat. 

"Bila terbukti melakukan pelanggaran yang sudah ditentukan, sanksi terberatnya berupa pemecatan secara tidak hormat," ujar M Fauzi.

Penegasan tersebut kerap disampaikan M Fauzi sejak mengantikan posisi jabatan Walikota non aktif Syarif Fasha  yang sedang cuti pada Februari 2018 lalu.

"Saya dari awal sudah mengingatkan agar ASN netral," M Fauzi menegaskan, Minggu (24/06).

Menurut Fauzi, hak politik ASN silahkan digunakan dengan mengacu pada koridor undang - undang dan aturan yang berlaku agar tidak merugikan salah satu pasasangan calon Walikota Jambi. ASN merupakan panutan bagi masyarakat, amanat undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mana tidak boleh terlibat dalam politik praktis atau memihak kepada salah satu pasangan calon.

"Tapi andai kata melanggar menjadi tanggung jawab pribadi dan sepenuhnya menyerahkan pada proses hukum yang ada," kata Fauzi. 

Penulis Ramadhani

Editor Abdullah Ihsan
views