_

10 Pemuda Kreatif Terima Hadiah Pendampingan Usaha dari UNESCO dan CITI Indonesia

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Setelah memilih 10 dari 20 pemuda kreatif dalam ajang Youth Economy Empowerent in Indonesia's Heritage Sites throught Capacity Building and Sustainable Tourism, yang diselenggarakan oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) bekerjasama dengan Yayasan Citi Indonesia, pada 2 Februari 2018 lalu, kini ke 10 pemuda tersebut akan menerima hadiah berupa pendampingan usaha.

Pemberian hadiah tersebut dikemas dalam acara Creative Youth Forum yang digelar hari ini Rabu (14/02) bertempat di GAIA Cosmo Hotel Yogyakarta. Dalam acara ini akan dipamerkan pula pencapaian dan pengembangan yang dimiliki oleh para pemuda kreatif itu, selain itu juga akan ada cerita keberhasilan dari daerah mereka.

Country Head of Corporate Affairs Yayasan Citi Indonesia, Elvera N Makki mengakui program ini dilakukan untuk meningkatkan pemuda yang tinggal disekitar situs warisan dunia, agar memperoleh pendapatan yang lebih baik, dan nantinya akan memampukan mereka berkontribusi pada perekonomian lokal.

"Melalui kegiatan pelatihan keterampilan dan persiapan wirausaha anak-anak muda ini akan memperoleh keterampilan kompetitif sekaligus akses kepada informasi dan inklusi finansial dan sumber daya lain yang dapat menuntun kepada kesuksesan ekonomi yang juga mendukung strategi nasional keuangan Indonesia (SNKI) yang dicanangkan oleh Presiden RI'" jelasnya.

Director and Representative UNESCO Jakarta, Prof Dr Shahbaz Khan yakin bahwa proyek percontohan yang menjanjikan ini memiliki potensi besar untuk diaplikasikan disemua situs warisan budaya di Indonesia. "Situs-situs yang sudah ditetapkan UNESCO itu akan berkontribusi kepada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's) melalui keterlibatan pemuda dibidang industri kreatif," katanya.

Penulis DEWI RATIH

Editor CH DEWI RATIH KPS
views