_

2.000 Muballigh Muhammadiyah Disebar Keseluruh Pelosok DIY 

HNCK8306-730x487

Waktoe.com-YOGYAKARTA, Selama bulan Ramadhan Tahun 1439 H Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY akan menyebar 2.000 Muballigh keseluruh DIY. Tema Muballigh Hijrah yang diusung tahun ini adalah Dakwah Milenial, Moderat Bersikap, Unggul Merangkul”. Penyebaran  Muballigh sasaran utamanya adalah daerah 3T (Terpencil, Terdalam dan Tertinggal).

Diungkapkan Ketua Panitia Yayat Hidayat, sebelum ditempatkan ke wilayah  prioritas, maka Muballigh diberi pembekalan dan penguatan selama tiga hari. Program Muballigh Hijrah ini selain sebagai ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah sekaligus juga menjawab harapan umat akan kebutuhan dai di daerah yang masih sangat kekurangan.

"Dari tahun ketahun permintaan  Muballigh dari seluruh DIY selalu meningkat. Tahun ini calon Muballigh yang dikelola PWM DIY meningkat. Tahun ini jumlah total Muballigh yang akan diterjunkan ke masyarakat sebanyak 2.000 Muballigh. Mereka menetap selama 25 hari di lokasi untuk berdakwah  dan memberi pencerahan kepada masyarakat," ungkapnya.

Sasaran masyarakat yang diprioritaskan dalam kegiatan Ramadhan ini lanjut Yayat adalah persyarikatan Muhammadiyah ditingkat ranting. Adapun prioritas program berpusat pada kebutuhan masyarakat berbasis masjid salah satu programnya adalah bimbingan baca tulis Al-Quran bagi anak-anak, dewasa dan orang tua. "Bimbingan kegiatan kajian keagamaan, kesehatan dan kajian tematik berdasarkan kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Program penguatan lainnya adalah pengajian jelang buka puasa, kultum tarawih dan ceramah subuh serta bimbingan edukasi kesehatan dari Mahasiswa KKN yang konsentrasi dibidang kesehatan. Semua program kegiatan termonitoring secara rutin oleh tim PWM DIY.

"Ribuan Muballigh yang akan disebar selama bulan ramadhan ini  berasal dari Mahasiswa, Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, Mahasiswa KKN UMY, UNIRES UMY, KKN UAD, UNISA, Forum Panti serta sejumlah siswa dari beberapa Madrasah, SMA dan SMK. Mereka akan disebar keseluruh Pelosok DIY," jelas Yayat.

Dalam rangka mensukseskan program tebar Muballigh Hijrah keseluruh daerah tertinggal, terdalam dan terpencil, maka dukungan dari pemerintah setempat yang di wakili oleh Kesra Pemprof DIY,  LP3M UMY, LPPI UNISA dan pihak-pihak yang berperan dalam mensukseskan sangat membantu iklim terwujudnya  dakwah Milenial, moderat bersikap, unggul merangkul.

Penulis Dewi Ratih | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views