_

APPBJI DIY Gelar Diskusi Hukum dan Buka Bersama

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pengacara Pengadaan Barang/Jasa Indonesia (DPW APPBJI) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Diskusi Hukum dan Buka Puasa Bersama, Sabtu (10/06) bertempat di Gazebo Garden Resto Yogyakarta.

Dalam diskusi bertema Bersama Romadhon 1438 H Kita Optimalkan Kualitas Ukhuwah & Keluhuran Profesi Penegak Hukum ini membahas tentang Pra Peradilan Pasca Putusan MK.

Acara yang didukung oleh DPC Ikadin Sleman, DPC Ikadin Gunungkidul, DPC Peradi Gunungkidul ini menghadirkan narasumber Dr Muhammad Taufiq, SH, MH selaku Praktisi Advokat dan Dosen yang mengatakan Putusan MK Nomor 21/PUU-XII/2014 Tentang Perluasan Objek Pra Peradilan memiliki dampak positif dan negatif. "Tersangka yang terkatung-katung nasibnya tanpa batasan waktu yang jelas dapat meminta dihentikan penyidikan, sedangkan untuk dampak negatifnya penyidik menjadi tidak bisa menuntaskan perkara dalam waktu cepat karena tersangka akan menggugatnya di sidang pra peradilan sebagai akibat dari perluasan objek pra peradilan,"ujarnya.

Dia juga menjelaskan pengertian Praperadilan yang merupakan proses sebelum peradilan, praperadilan terdiri dari dua suku kata yaitu kata pra dan kata peradilan. "Kata pra dalam ilmu bahasa dikenal dengan pemahaman sebelum, sedangkan peradilan adalah proses persidangan untuk mencari keadilan, jadi secara umum digambarkan artinya adalah proses sebelum peradilan,"katanya.

Hal senada juga dikatakan Praktisi Advokat H Dedi Suwardi, SH tentang pra peradilan saat ini yang berkembang didalam persidangan.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views