_

Anggota Komisi I DPR RI Gelar Diskusi Pancasila

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Anggota Komisi I DPR RI Dapil DIY DR Sukamta menggelar diskusi kebangsaan yang dikemas dalam bentuk ngopi bareng di Rembug Coffee, Minggu (04/06) malam dengan menghadirkan pembicara HM. Jazir Asp sebagai Budayawan dan Sejarawan Islam, dan Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, SE, MM.

Diskusi soal Pancasila bertema "Ada Apa Dengan #SayaPancasila" saat ini menurut Sukamta perlu digelar untuk memperdalam pemahaman tentang Pancasila. "Jangan sampai isu Pancasila hanya berhenti pada jargon-jargon seperti #SayaPancasila, mestinya setiap komponen bangsa mendiskusikan secara serius ide, gagasan dan konsep implementasi Pancasila," ujarnya.

Jika kita bandingkan dengan ideologi kapitalis atau sosialis, lebih banyak dibahas dan menjadi materi kuliah di kampus-kampus. "Mestinya ideologi bangsa sendiri lebih banyak didiskusikan, istilah sakral bukan berarti tidak boleh dikaji dan dikembangkan," katanya.

Sukamta menambahkan kedepan acara Ngopi Bareng seperti ini akan digelar secara rutin untuk membahas isu-isu terkini yang bisa memberikan solusi untuk kebaikan Bangsa.

HM. Jazir Asp juga menjelaskan sejarah awal Pancasila, menurutnya dokumen sejarah secara jelas menyebutkan Ir. Soekarno yang menyebut pertama kali istilah Pancasila pada tanggal 1 Juni tahun 1945. "Yang paling penting adalah kontribusi umat Islam dalam perumusan dasar negara tersebut, yang mau untuk "mengalah" agar rumusan bisa diterima semua pihak," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Letkol Inf Rudi Firmansyah yang menegaskan bahwa Pancasila sudah final. "TNI bersama rakyat akan selalu menjaga Pancasila dari ancaman ideologi komunis," tegasnya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views