_

Apoteker se-Kota Yogyakarta Mendapatkan Pembelajaran Tentang Penyakit Kanker

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Yogyakarta menggelar Seminar Penatalaksanaan Penyakit Kanker Tinjauan Medis dan Fitoterapi dengan menghadirkan pembicara diantaranya dr. Diah Ari Safitri, Sp. PD yang membawakan materi terapi medis penyakit Kanker dan perkembangan terkini, serta pembahasan terapi herbal untuk penyakit Kanker dan tips pencegahannya secara alami oleh Dr. Kintoko, MSc,.Apt, Minggu (07/05) bertempat di Gedung AMC Yogyakarta.

Dalam paparannya, dr. Diah Ari Safitri, Sp. PD mengungkapkan bahwa Kanker merupakan penyebab kematian utama didunia, macam-macam Kanker diantaranya Kanker paru-paru, perut, hati, usus besar, dan payudara kesemuanya itu merupakan penyebab kematian utama setiap tahunnya. "Jenis kanker yang sering ditemui berbeda pada perempuan dan laki-laki. Sekitar 30 persen dari kematian karena kanker disebabkan lima ciri, seperti kelebihan berat badan, asupan buah-buahan dan sayuran yang rendah, kurangnya kegiatan fisik, merokok, dan mengkonsumsi minuman beralkohol," ujarnya.

Dijelaskan oleh Diah, bahaya terbesar terdapat pada orang yang merokok. "Rokok adalah faktor utama penyebab kanker, 22 persen kematian karena kanker disebabkan oleh rokok," katanya.

Sementara menurut Dr. Kintoko, MSc,.Apt, Kanker adalah suatu penyakit sel dengan ciri gangguan atau kegagalan mekanisme pengatur multiplikasi dan fungsi homeostasis lainnya pada organisme multiseluler. "Lingkungan merupakan salahsatu yang mempengaruhi seseorang terkena penyakit kanker, karena 60 sampai 90 persen lingkungan sangat berhubungan dengan kanker selain faktor asupan makanan, serta gaya hidup sehat," katanya.

Walaupun seperti itu, menurut Kintoko penyakit kanker secara teori dapat dicegah. "Kanker timbul karena paparan terhadap suatu karsinogen secara berkali-kali dan aditif pada dosis tertentu, tetapi pada keadaan tertentu dapat juga timbul dari dosis tunggal karsinogen.  Dan menurut Dippenaar et al. pada tahun 1982, GLA aktif sebagai agen antikanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker tanpa menyebabkan kerusakan pada sel-sel normal," jelasnya.

Sedangkan untuk sumber GLA tersebut, tambah Kintoko dapat diperoleh dari berbagai tumbuhan yang termasuk dalam famili Boraginaceae, Cannabinaceae, Liliaceae, Onagraceae, Ranunculaceae, Saxifragaceae, dan Scrophulariaceae. " GLA juga terkandung dalam cyanobacterium, yaitu spirulina. Dalam setiap 1 gram spirulina terkandung GLA sebanyak 15 miligram," tambahnya.

Seminar yang dilanjutkan dengan Rakercab Pengurus Cabang IAI Kota Yogyakarta ini menurut Rachman Yulianto selaku Ketua Panitia acara mengatakan seminar tersebut diikuti oleh seluruh Apoteker yang ada di Kota Yogyakarta. "Untuk memberikan pembelajaran berkelanjutan mengenai penyakit Kanker kepada para Apoteker," katanya.

Untuk Rakercab sendiri akan membahas segala kemajuan dan perkembangan di kepengurusan cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Yogyakarta.

CH DEWI RATIH KPS | waktoe

ch.dewiratih@gmail.com

 

Penulis CH DEWI RATIH KPS

Editor
views