_

Danramil 03/Gondokusuman Menutup Pelaksanaan Bintal Disiplin Siswa SMA Homeschooling Primagama

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Koramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Yogyakarta menyelenggarakan pembinaan mental dan disiplin siswa-siswi SMA Homeschooling Primagama Yogyakarta di Koramil 03/Gondokusuman Jl. Munggur No 34 Gondokusuman Yogyakarta. Pembinaan yang dilaksanakan selama 15 kali pertemuan dengan waktu 2 jam tiap pertemuan dan ditutup pada hari ini Kamis (18/05).

Direktur SMA Homeschooling Primagama Ir. Kusnanto, M.M. mengatakan kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan mental kejuangan yang berwawasan kebangsaan serta memiliki sikap disiplin yang tinggi. "Pada dasarnya siswa yang kami titipkan untuk dibina di Koramil ini adalah siswa yang telah lulus ujian Nasional, namun dari penilain mental kedisiplinan belum lulus maka kami titip untuk dibina di Koramil Gondokusuman," ujarnya.

Selanjutnya Danramil 03/Gondokusuman Mayor Inf R. Ambar Tjahjana DA dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan berterimakasih atas kepercayaan dari SMA Homeschooling yang memberikan kesempatan kepada Koramil untuk membina para siswa. "Kepercayaan ini kami jaga dan semoga kegiatan bisa berlanjut dalam waktu dan situasi yang berbeda," katanya.

Selanjutnya Tjahjana berpesan bahwa sebagai generasi muda para siswa mempunyai peran yang besar dalam hidup ini, sebagai anak bangsa minimal ada 3 peran yang penting yaitu sebagai Agent of Change, Control sosial dan Iron Stoke, terakhir dia mengutip pribahasa 'Belajarlah di waktu pagi, Bekerjalah di waktu siang, Makanlah di waktu sore dan Tidurlah diwaktu malam' artinya selagi masih muda gunakan kesempatan untuk belajar dan menempuh ilmu, sehingga nanti dewasa bisa bekerja, kalau siang bekerja maka sore bisa makan dan waktu tua bisa menikmati hasilnya.

Selain itu, Tjahjana menjelaskan bahwa Pembinaan mental dan disiplin yang diikuti sebanyak 19 siswa-siswi ini diisi dengan beberapa materi, diantaranya materi fisik meliputi kedisiplinan, peraturan baris berbaris, pembelajaran rasa tanggungjawab, dan kerjasama, serta olahraga. Adapun materi teorinya yakni wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya laten komunis, peran generasi muda, Proxy War, dan Pancasila.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views