_

Danramil 03/Gondomanan Terangkan Islam Agama Toleran

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Danramil 03/Gondokusuman Mayor Inf R. Ambar Tjahjana DA dalam Tausyiah setelah sholat Taraweh bersama pengurus LPMK dan DMI Kelurahan Kotabaru Kecamatan Gondokusuman di balai Gotong Royong Kotabaru menyampaikan bahwa Agama Islam merupakan Agama yang Toleran. Menurutnya agama Islam mengajarkan Toleransi yang sangat tinggi terhadap sesama manusia yang berbeda keyakinan. "Sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhamad SAW ketika beliau Hijrah ke Madinah, beliau membuat Piagam Madinah untuk  menjaga toleransi antar kaum Muslimin dan kaum Yahudi, melindungi dan bekerjasama dengan warga non Muslim yang ada di Madinah," ujarnya.

Demikian pula dengan Bangsa Indonesia, yang sejak berdirinya Indonesia telah diajarkan toleransi oleh para pendahulu pendiri bangsa ini. "Sebagaimana di contohkan dalam menentukan lambang Negara Indonesia yang di bawahnya tertulis Bhinneka Tunggal Ika, para tokoh pendiri bangsa Indonesia pada waktu itu yang mayoritas beragama Islam cukup memiliki toleransi untuk menerima semboyan yang diambil dari Kitab Mpu Tantular meski Mpu Tantular bukanlah tokoh yang beragama Islam. Sikap toleran dari pendiri bangsa inilah yang harus menjadi watak dasar bagi setiap suku bangsa yang ada di Indonesia, dimana setiap suku tersebut memiliki  agama yang beragam, suku tersebut juga memiliki berbagai macam tradisi dan kepercayaan .Keanekaragaman itu sudah ada jauh sebelum agama Islam masuk ke bumi Nusantara," terangnya.

Selanjutnya Tjahjana mengutip Surat Al Hujurat ayat 13 " Wahai manusia sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal"

Diakhir ceramahnya Danramil mengajak seluruh jamaah untuk memupuk toleransi antar umat beragama, saling menghargai dan menghormati hidup, berdampingan secara damai, karena bangsa Indonesia berdiri bukan karena satu agama, satu suku, satu budaya dan adat istiadat, tetapi bangsa Indonesia berdiri karena keanekaragaman agama, suku, budaya, adat istiadat, golongan, itulah Indonesia yang berdiri kokoh karena keanekaragaman.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views