_

Danramil 07/Umbulharjo Jelaskan Bela Negara kepada Linmas

HNCK8306-730x487

Waktoe,.com - YOGYAKARTA, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta menggelar pembinaan anggota Linmas se-Kecamatan Umbulharjo, Selasa (23/05) bertempat di Pendopo Kecamatan setempat. Camat Umbulharjo Drs. H. Mardjuki mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali sebagai ajang pembinaan bagi anggota Linmas yang ada di Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

Hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Koramil (Danramil) 07/Umbulharjo Mayor Kav Cecep Saepudin, S.Sos yang menyampaikan wawasan kebangsaan serta bela negara kepada para Linmas. "Bela negara merupakan kewajiban dari seluruh warga Negara, tapi caranya beragam sesuai dengan profesinya dan fungsinya masing-masing," ujarnya.

Dalam kesempatan perkenalan Danramil baru tersebut, Cecep yang baru menempati jabatan Danramil selama dua pekan ini mengungkapkan bahwa bela negara tidak harus dengan memikul senjata dengan bergerilya, tapi lakukanlah bela negara dengan cara masing-masing. "Beda dengan di negara luar, mereka mengadakan yang namanya wajib militer setiap dua tahun sekali, kalau di Indonesia tidak perlu dengan mengangkat senjata cukup dengan berkarya dan bekerja," katanya.

Cecep juga memberikan apresiasi kepada para Linmas yang hadir dalam acara tersebut. "Bahwa Linmas itu merupakan garda terdepan di masyarakat,  selain ada Babinsa dari TNI dan Babinkamtibmas dari Kepolisian, peran Linmas sangatlah penting," tambahnya.

Sementara kapolsek Umbulharjo Kompol Sutikno yang juga merupakan pejabat baru dikewilayahan membeberkan bahaya kamtibmas yang mengancam diwilayah Umbulharjo. "Saat ini Umbulharjo masuk kedalam peringkat nomer satu untuk masalah curanmor (pencurian kendaraan bermotor), untuk itu dihimbau agar seluruh masyarakat ikut berperan aktif menjaga barangnya masing-masing, jadilah polisi untuk dirinya sendiri," katanya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views