_

Gara-Gara 2 Bidan Ikuti Pelatihan, Puluhan Balita Gagal Imunisasi di Puskesmas Umbulharjo II Yogyakarta

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Akibat keterbatasan tenaga medis dalam hal ini Bidan di Puskesmas Umbulharjo II yang berlokasi didalam Komplek Balaikota Yogyakarta, Jl. Hibrida No 194, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta harus mengorbankan puluhan Balita yang ingin melakukan Imunisasi. Seperti yang dirasakan oleh Yuliani (38) saat mendaftarkan Balitanya untuk Imunisasi, namun saat dia mendaftar dijelaskan oleh petugas keamanan disana bahwa pendaftaran untuk imunisasi pada hari Rabu (17/05) hanya terbatas 25 Balita saja.

"Saya datang jam 09.00 WIB, ternyata pendaftaran untuk imunisasi yang biasa dilakukan setiap hari Rabu sudah tutup dan untuk hari ini hanya untuk 25 orang saja dikarenakan Bidan yang biasanya ada 3, untuk hari ini hanya ada 1 orang," ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh Susanti (30) yang ingin mengimunisasi anaknya, namun malang sesampainya di Puskesmas Umbulharjo II dia harus kembali lagi pada Rabu pekan depan. "Masa penyedia jasa kesehatan seperti ini sih..ini namanya tidak profesional dong, masa cuma alasan tidak ada Bidan yang membantu kok masyarakat yang dikorbankan, padahal katanya kalau imunisasi itu waktunya tidak boleh mundur harus pas jatuh tempo waktunya, tapi kalau jatuh temponya hari ini dan ternyata hari ini ditolak untuk imunisasi bagaimana ini? Siapa yang akan bertanggungjawab kalau ada apa-apa dengan anak saya karena telat imunisasinya," keluhnya.

Dia juga menegaskan Puskesmas Umbulharjo II tidak menjalani Visi dan Misinya yaitu 'Menjadi puskesmas yang memberikan pelayanan prima dibidang kesehatan' serta 'Mengembangkan kerjasama dengan unsur unsur terkait dibidang kesehatan' yang selama ini digaung-gaungkan.

"Selain itu tidak sesuai dengan Kebijakan Mutu Puskesmas Umbulharjo II yang memiliki komitmen untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai standar yang ditetapkan, serta bertekad senantiasa meningkatkan kepatuhan petugas sesuai standar prosedur yang disusun berdasar referensi. Seharusnya kan pihak Puskesmas bisa mencari jalan lain agar pelayanan di Puskesmas tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun Bidan yang ada disana terbatas," tegasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Umbulharjo II Drg.Sri Kussutiastuti ketika ditemui membenarkan hal tersebut terkait pembatasan pasien Balita untuk imunisasi. "Mohon maaf karena Bidan ditempat kami terbatas, biasanya ada 3 namun untuk hari ini yang 2 Bidan sedang mengikuti pelatihan di Propinsi maka kami hanya tinggal 1 Bidan dan itu terbatas, mohon pengertiannya," katanya.

Dia juga berjanji pelayanan akan berjalan normal pada Rabu pekan depan. "Untuk Rabu depan jadwal imunisasi akan kembali berjalan seperti bagaimana mestinya secara normal," ungkapnya.

Penulis IBRAHIM UMAR | oemarfm@gmail.com

Editor IBRAHIM UMAR
views