_

Jalan Meulaboh - Tutut KM 57,5 Longsor, TNI Bersama Warga Lakukan Perbaikan

HNCK8306-730x487

Waktoe.com – ACEH BARAT,  Personil Koramil 01/Sungai Mas Kodim 0105/Abar bersama warga bergerak cepat menangani bencana longsor yang terjadi di Lintasan Jalan Meulaboh - Tutut KM 57,5 tepatnya di Desa Lancong Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat.

Longsor yang terjadi pada Rabu 10 Mei 2017 malam, disebabkan tingginya curah hujan yang turun dalam beberapa hari ke belakangan, sehingga terjadi longsor yang mengakibatkan jalan putus total, kedalaman jalan yang amblas lebih kurang 15 meter mengakibatkan badan jalan yang patah dan amblas total.

Danramil 01/Sungai Mas Kapten Inf Mazwar Asadi AR, Jumat pagi, (12/5/17) saat dilokasi ditemui personil Media Center Kodim 0105/Abar mengatakan, saat longsor itu terjadi, anggota Koramil bergerak langsung ke lokasi longsor bersama anggota polsek menyisir lokasi longsor dan memasang police line di lokasi karena jalan tidak dapat dilintasi baik oleh kendaraan roda 4 (empat) maupun roda 2 (dua).

 

Di pagi harinya, mereka bersama BPBD dan Masyarakat bergotong royong memasang kayu balok, agar jalan dapat dilintasi oleh kendaraan roda 2. Dan pembuatan jembatan darurat dari pohon kelapa, agar jalan dapat dilintasi oleh kendaraan roda 4, selain itu melaksanakan Pembersihan dan penimbunan material jalan yang longsor untuk pembuatan jembatan, yang dibantu dibantu dengan 1 unit beko.

“Dengan penanganan dan koordinasi yang cepat akhirnya jalan sudah dapat dilalui baik oleh kendaraan baik roda 2 maupun roda 4,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0105/Abar, Letkol Inf Herry Riana Sukma menyatakan akan selalu siap untuk membantu kesulitan masyarakat yang berada di wilayah, apalagi ketika terjadi bencana alam.

“Hal ini sesuai dengan Undang-undang 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 Ayat 2b Operasi Militer Selain Perang (OMSP) membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, Sehingga tidak ada alasan lagi bagi personil Kodim tidak membantu,” kata Letkol Inf Herry Riana Sukma.

Dirinya juga menyatakan, akan terus berkoordinasi dengan Pemda, agar segera dilakukan perbaikan jalan tersebut secara permanen, mengingat jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Sungai Mas dan daerah lainnya.

Dengan dasar  Undang-undang 34 Tahun 2004 tentang TNI  dan Perintah dari Komando Atas pihaknya selalu menurunkan prajurit dijajarannya untuk membantu penanggulangan apabila terjadi bencana alam, bersama-sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Polri, unsur-unsur terkait dan masyarakat.

Selanjutnya di bentuk Satgas penanganan bencana alam sehingga akan memudahkan dalam pelaksanaan tugas dalam rangka penanggulangan bencana alam diwilayahnya.

''Kita bersama sama dengan Polri, Pemda dan masyarakat akan bekerja keras untuk memulihkan kondisi yang terdampak bencana, Semua ini  merupakan wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sehingga motto "Bersama rakyat TNI kuat" dapat terwujud di wilayah Kab. Abar,” pungkas Dandim.

Penulis Ihsan Abdulah Nusantara

Editor Ihsan Abdulah Nusantara
views