_

Jelang Ramadhan Warga Sosromenduran Gelar Apeman Masal

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Jelang Bulan suci Ramadhan dimana seluruh umat muslim melaksanakan ibadah Puasa sebulan penuh tepatnya di Bulan Ruwah, masyarakat Kelurahan Sosromenduran memiliki kebiasaan atau ritual khusus dalam menyambut datangnya bulan suci tersebut. Seperti yang dilakukan pada Minggu (21/05) tepatnya di Jalan Sosrowijayan, Gedongtengen, Yogyakarta digelar Apeman Masal oleh seluruh warga Sosromenduran, Yogyakarta.

Dikatakan Ketua Panitia Acara Ipung Purwandari, SH bahwa pelaksanaan Apeman di wilayahnya rutin dilakukan setiap tahunnya. "Ini sudah memasuki tahun kedelapan perayaan Apeman masal di Kelurahan Sosromenduran, dan diikuti oleh seluruh warga Sosromenduran dengan bersama-sama memasak Kue Apem, Kolak, dan Ketan di sepanjang Jalan Sosrowijayan, Yogyakarta," ujarnya disela-sela acara.

Ditambahkan Ipung acara Apeman yang digelar mulai dari pagi hari hingga malam hari diisi oleh beberapa acara, seperti pagi hari dilaksanakan pembukaan acara Apeman masal, disusul dengan kirab apem yang akan diselenggarakan pada siang harinya, serta kenduri (doa bersama-Red) disepanjang Jalan Sosrowijayan, dan ditutup oleh hiburan pada malam harinya. "Rangkaian acara mulai dari pagi hingga malam, dan puncaknya pada malam hari dengan menghadirkan kesenian warga Sosromenduran, seperti Keroncong Dangdut, dan penampilan House Band," katanya.

Sementara Lurah Sosromenduran Dra Ertiana Erna Hendrayani mengungkapkan bahwa selain menyambut bulan Ramadhan, perayaan Apeman juga ditujukan untuk menarik daya wisatawan yang datang ke Yogyakarta. "Ini juga merupakan satu daya tarik wisata bagi wisatawan baik asing maupun domestik, karena nantinya mereka pun bisa langsung mencicipi Kue Apem yang sudah dimasak bareng-bareng ini," ungkapnya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views