_

Koramil 10/Wirobrajan Komsos dengan Komponen Masyarakat

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Meningkatkan sinergitas antara aparat pemerintahan kewilayahan dengan masyarakat, Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Yogyakarta menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Komponen Masyarakat (Kommas) yang terdiri atas Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Kepala KUA, Lurah, LPMK, dan para Ketua RW se-wilayah Kecamatan Wirobrajan, Rabu (17/05) malam bertempat di Pendopo Asri, Wirobrajan, Yogyakarta.

Camat Wirobrajan Drs Rumpis Trimintarta mewakili masyarakat Wirobrajan mengapresiasi kegiatan Komsos yang diselenggarakan oleh Koramil 10/Wirobrajan. "Terimakasih kepada Kodim 0734/Yogyakarta yang pada malam ini bisa memberikan informasi tentang keamanan dan situasi Negara yang berkaitan dengan teritorial dari TNI AD," ujarnya.

Komandan Koramil (Danramil) 10/Wirobrajan Kapten Inf Soleh dalam sambutannya mengatakan kegiatan Komsos yang rutin dilakukan setiap tahun bertujuan memelihara sinergitas yang selama ini terjalin. “Melalui komunikasi sosial dengan komponen masyarakat ini kita pelihara sinergitas guna membangun masyarakat Indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa,” ujarnya.

Selanjutnya Soleh juga menjelaskan tentang kebijaksanaaan pimpinan TNI AD dalam hal ini Kepala Staf TNI AD (KASAD) melalui rencana strategi TNI AD Tahun 2015-2019, diantaranya program kegiatan teritorial atau kewilayah. "Program giat Ter harus selektif dan akurat serta melihat kondisi di lapangan, seperti program Jambanisasi dan TMMD, serta Kemanunggalan TNI-Rakyat," jelasnya.

Danramil 13/Ngampilan Kapten Arm Riyanto yang pada malam ini turut hadir juga memberikan paparan mengenai Bela Negara. "Setiap warga Negara punya kewajiban untuk membela Negara, dan cara membela Negara itu tidak harus dengan cara mengangkat senjata ataupun ikut berperang, tetapi dengan ikut mensukseskan dan menjaga keamanan serta kenyamanan terkait kondisi terkini itu juga salahsatu cara bela Negara," katanya.

Riyanto juga berpesan agar kita bersama-sama untuk menjaga keutuhan Ideologi Pancasila. "Marilah kita satu komitmen untuk menyelamatkan Pancasila," tegasnya.

Pasintel Kodim 0734/Yogyakarta Kapten Inf Kusbando menyampaikan bahaya laten komunis sesuai data perkembangan kelompok kiri di wilayah Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan komunis. "Saat ini pergerakan komunis mulai muncul, itu yang harus diwaspadai mereka masuk ke berbagai elemen, masuk ke Partai-Partai, dan semua unsur untuk mempengaruhi semua agar menimbulkan laten komunis," ungkapnya. Kegiatan Komsos ditutup oleh Kasdim 0734/Yogyakarta Mayor Inf M Munasik dengan menjelaskan Proxy War atau perang dengan menggunakan pihak ketiga.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views