_

Libur Lebaran TWC Siapkan Wahana Wisata Baru

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - SLEMAN, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC Persero) melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut Masa Ramai Libur Lebaran 1438 H. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pariwisata, tentu saja PT TWC harus mampu memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang berkunjung, terutama ada peak season seperti Masa Ramai Libur Lebaran ini hal ini dikatakan oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Ricky Siahaan dihadapan para pekerja media ada Jumat (16/06) sore bertempat di Kantor Pusat PT TWC Prambanan, Sleman. 

PT TWC menetapkan Masa Ramai Libur Lebaran 2017 ini selama 11 hari terhitung sejak 22 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017, dan untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, PT TWC menyiapkan beragam wahana wisata baru. Seperti yang diakui oleh GM TWC Borobudur Chrisnamurti Adiningrum yang menargetkan jumlah wisatawan selama Masa Ramai Lebaran 2017 ini sebanyak 316.792 orang. "Terjadi kenaikan 8 persen diatas realisasi tahun lalu. Selama Masa Ramai Lebaran 1438 H ini, TWCB didukung oleh Departemen Marketing PT TWC menyediakan beberapa atraksi seni dan budaya seperti pasukan Bergodo, Punokawan dan juga spot foto Payung Teduh berlatar belakang Candi Borobudur. Selain itu, ada ragam wahana wisata menarik lainnya seperti kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata desa dengan VW, dapur foto tempo dulu dan jemparingan," katanya.

TWC juga melibatkan warga masyarakat Borobudur, untuk berekreasi menampilkan hasil karya kreativitas mereka sehingga wisatawan memiliki wawasan baru bahwa Borobudur tidak hanya memiliki candi saja namun juga memiliki potensi wisata lain yang membanggakan dari masyarakat Borobudur itu sendiri. "Ini merupakan salah satu wujud kepedulian PT TWC dalam membantu mempromosikan beragam potensi desa sekitar Borobudur, diantaranya kesenian cokean, sendratari karmawibhangga, keroncong, wayang kulit, kesenian Askrab, serta Pameran UMKM potensi desa di Kecamatan Borobudur," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Divisi Layanan Unit TWC Prambanan Ripto Pranowo yang menargetkan jumlah wisatawan selama Masa Ramai Libur Lebaran 2017 ini sebanyak 196.250 orang, terjadi kenaikan 10 persen diatas realisasi tahun lalu. "Selama Masa Ramai Libur Lebaran 1438 H ini, TWCP juga menyiapkan ragam wahana wisata tambahan seperti musik dolanan anak, akustik, jathilan, prajurit bergodo, kampung dolanan, batik kayu, keroncong dan koes plus-an, cokean, badut anoman dan workshop batik," ungkapnya.

Sedangkan Kepala Divisi Layanan Unit Candi Ratu Boko Haryadi Tirtodigiri menargetkan jumlah wisatawan 31.938 orang, terjadi kenaikan 10 persen diatas realisasi tahun lalu. "Ada atraksi pertunjukan musik campursari, sramdul, gejog lesung, cokean, wanara, musik keroncong, giant font, dan elektone akan menyemarakan Masa Ramai Libur Lebaran 1438 H di Ratu Boko," katanya.

GM Unit Teater Pentas dan Transportasi Deswibowo mengatakan unit teater pentas dan transportasi yang mengelola Sendratari Ramayana dan Ballet menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 4.275 orang yang akan memadati Unit Teater Pentas dan Transportasi pada Masa Ramai Libur Lebaran 2017. "Unit ini menyiapkan pentas masa ramai libur lebaran 2017 pada tanggal 26 Juni 2017 hingga 30 Juni 2017. Selain itu juga mengemas ekstra show pada 26 Juni 2017 hingga 29 Juni 2017 dengan ragam tarian seperti Tari Rampak Wanara, Tari Kidang, Tari Kukilo, Tari Lutung, dan Tari Prawiroguno," katanya.

GM Hotel Manohara Esti Wahyujati menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung selama 11 hari masa ramai libur lebaran 2017 ini sebanyak 2.670 orang. "Terjadi kenaikan 10 persen dari realisasi tahun lalu. Selama masa ramai libur lebaran kali ini, Hotel Manohara menyiapkan Paket Syawalan (27 Juni sampai 2 Juli 2017), Paket Buka Puasa, pentas tari dan cokean," katanya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewirath@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views