_

Mayor Inf R Ambar Tjahjana DA Ingatkan Bahaya Perpecahan NKRI

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - YOGYAKARTA, Masjid Ash Shiddiiqi, Demangan Kidul, Gondokusuman, Yogyakarta menggelar Perbincangan Menjelang Buka Puasa (Permen Busa) dengan pembicara Komandan Koramil 03/Gondokusuman Mayor Inf R Ambar Tjahjana DA, S.Ag yang membawakan tema Menjaga NKRI, Senin (05/06) sore.

Mayor Inf R Ambar Tjahjana DA, S.Ag mengatakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah suatu Negara yang wilayah teritorialnya sangat luas dan strategis. "Yang memiliki kesatuan wilayah dan kesatuan ketahanan," ujarnya.

Ditambahkan Tjahjana ada beberapa hal yang dapat menyebabkan NKRI pecah, diantaranya masalah terorisme, permasalahan radikal, serta peredaran narkoba. "Waspadai terorisme dari ISIS, radikal sendiri terbagi atas tiga bagian yaitu radikal kanan, radikal kiri, dan radikal lainnya, serta bahaya narkoba, Jogja termasuk dalam daftar 3 besar penggunaan narkoba jenis ganja menurut BNN pada tahun 2006," tambahnya.

Dan yang paling harus diwaspadai hal penyebab hancurnya NKRI adalah lunturnya rasa nasionalisme. "Untuk mengantisipasi terhadap perpecahan NKRI diperlukan keberpegangan teguh kepada Pancasila dan UUD 1945, serta memegang teguh NKRI yang berbhineka tunggal ika," jelasnya.

Jangan sampai masyarakat terkena isu-isu yang belum jelas asalnya. "Karena tanpa disadari kita telah dikotak-kotakan. Banyak sekali yang mengaku Pancasila tapi belum terbukti benarnya," tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan berbuka puasa bersama dengan jamaah Masjid yang didominasi oleh Mahasiswa dan Mahasiswi serta Shalat Maghrib berjamaah.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS |
views