_

PMI Bantul Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

HNCK8306-730x487

Waktoe.com - BANTUL, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bantul menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama dan Ambulance Gawat Darurat yang diikuti oleh para Relawan se-Kabupaten Bantul, Minggu (14/05) bertempat di Rumah Dinas Bupati Bantul.

Ketua PMI Kabupaten Bantul Muhammad Wirman Samawi menjelaskan acara ini dilaksanakan bertujuan agar para relawan dan peserta lain yang meliputi PMI Kecamatan dapat memberikan pertolongan pertama apabila menemukan kejadian atau musibah. "Selama ini kan para relawan hanya menolong ala kadarnya, nah dengan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan para relawan dapat mengerti bagaimana caranya menangani korban bencana di lapangan," ujarnya disela-sela kegiatan.

Ditambahkannya, untuk pelatihan ini juga dilakukan penggunaan Ambulance gawat darurat yang nantinya bisa diakses ditiap Kecamatan di Kabupaten Bantul. "Agar mempermudah apabila ada yang membutuhkan Ambulance, jadi tidak perlu lama menunggu Ambulance, itu merupakan bagian dari tugas PMI," katanya.

Sementara Ketua Relawan Sena Putra Waljito, SH mengaku pelatihan yang dilakukan PMI ini sangat penting agar para relawan lebih bisa menguasai cara menangani korban. "Nantinya hasil dari pelatihan ini akan diterapkan oleh seluruh relawan yang mengikuti acara hari ini, terutama kami Relawan Sena Putra, karena semua yang diajarkan dalam pelatihan ini sangat erat dengan yang kami hadapi sehari-hari," ungkapnya.

Selain itu Waljito juga berharap acara seperti ini bisa berjenjang dan mendapatkan sertifikasi agar para relawan dapat menurunkan ilmu yang dimilikinya dalam hal penanggulangan ataupun penanganan korban bencana. "Semoga bisa dibuat berjenjang dan nantinya relawan dapat disertifikasi jadi relawan-relawan dapat juga menurunkan ilmunya kepada yang membutuhkan," katanya.

Penulis CH DEWI RATIH KPS | ch.dewiratih@gmail.com

Editor CH DEWI RATIH KPS
views